Main Article Content

Abstract

Kejadian ISPA erat terkait dengan pengetahuan dan sikap orang tua terhadap penanganan ISPA, karena orang tua sebagai penanggung jawab utama dalam pemeliharaan kesejahteraan anak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Penanganan ISPA Di Rumah Pada Balita Di Puskesmas Tumbuan tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan penekatan cross sectional menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan menggunakan uji statistik yaitu chi square. Besaran sampel sebanyak 41 responden yang terdiri dari ibu yang balitanya menderita ISPA yang di bawah berobat di Puskesmas Tumbuan tahun 2018. Hasil penelitian berdasarkan uji statistik Pearson chi-square didapatkan nilai (P = 0,007<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan ibu dengan penanganan ISPA di rumah pada balita. Untuk sikap dengan penanganan ISPA pada balita di rumah, dimana nilai p value 0,014 < Alpha 0,05 berarti signifikan. Jadi Ada hubungan Sikap ibu dengan penanganan ISPA di rumah pada balita di Puskesmas Tumbuan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, sikap, penanganan ISPA, Ibu balita, di rumah

 

 

ABSTRACT

 

The incidence of acute respiratory infections is closely related to the knowledge and attitudes of parents towards the handling of acute respiratory infections, because parents are the main responsibility in maintaining children's welfare. This study intends to determine the relationship between knowledge and attitude of mothers with the handling of acute respiratory infections at home in toddlers at health center in 2018. This study uses accidental sampling method with a cross sectional approach using a questionnaire as a means of data collection using statistical tests, namely chi squares. The sample size of 41 respondents consisting of mot]

 

hers whose babies suffered from ARI under treatment at the Tumbuan Health Center in 2018. The results of the study based on Pearson chi-square statistical tests obtained values (P = 0.007 <0.05) it can be concluded that there is a relationship of maternal knowledge with ARI handling at home in infants. For attitudes with ARI handling in infants at home, where the p value is 0.014 <Alpha 0.05 means significant. So there is a relationship between the attitude of the mother and the handling of ARI at home in children under five at the Tumbuan Health Center.

 

Keywords: Knowledge, attitude, handling ARI, mother under five, at home

Keywords

Pengetahuan sikap penanganan ISPA Ibu balita di rumah

Article Details

Author Biography

Pawiliyah Pawiliyah, STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU

Ketua Jurusan keperawatan 

wakil ketua Bid.Diklat dan pendidikan DPW PPNI Bengkulu

Ketua Bidang Organisasi AIPNI regional IV 

How to Cite
Pawiliyah, P., Triana, N., & Romita, D. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PENANGANAN ISPA DI RUMAH PADA BALITA DI PUKESMAS TUMBUAN. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/jvk.v3i1.11382

References

  1. Asfilayli A, (2010). Faktor Berhubungan dengan Perawatan Ispa oleh Ibu pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Ambuau Indah Kec.Lasalimu Selatan Kab. Buton, STIKES Nani Hasanuddin Makassar.
  2. Azwar, Saifuddin. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. DepKes RI. (2009). Buku Kesehatan Ibu dan Anak. DepKes RI: Jakarta
  4. Maryunani, A. (2010). Ilmu kesehatan anak dalam kebidanan. Jakarta. Trans Info Media.
  5. Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  7. Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi) Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  8. Rini Mulyani. (2006) Hubungan Pengetahuan Ibu tentang perawatan ISPA di rumah terhadap kejadian ISPA pada Balita. STKES Ayani Jawa Barat.
  9. Smeltzer, S. C, and Bare, B. G., 2002, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Volume 2. Edisi 8, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
  10. Sunaryo. (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC
  11. Sunaryo. (2007). intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas
  12. Susan Susyanti, dkk (2017) uji hipotesis dengan Chisquare
  13. World Health Organization (WHO). Global Tuberculosis Report 2009. Switzerland. 2009
  14. Wahyuti (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Orangtua Tentang ISPA Dengan Kejadian Ispa Pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo.Jurnal;
  15. World Health Organization (WHO). Global Tuberculosis Report 2014. Switzerland. 2014.
  16. World Health Organization (WHO). Global Tuberculosis Report 2015. Switzerland. 2015