Main Article Content

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep berhubungan satu sama lain. Dalam konsepnya selalu berhubungan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Belajar Matematika dalam bentuk Gerakan Literasi siswa bukan hanya sekedar meningkat rasa ingin tahu tapi selalu berkembangnya kemampuan berpikir kreatif, mata pelajaran Matematika adalah ilmu menghitung yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan proses hitungan pada guru.Berdasarkan hasil observasi di SDN Kenari 07 Pagi pada proses pembelajaran guru masih menggunakan cara mengajar yang konvensional atau berpusat pada guru sebagai pemberi informasi, dengan adanya gerakan literasi siswa diharapkan meningkatkan kualitas yang baik dari setiap konsep pengerjaan masalah dalam bentuk aplikasi soal.

Keywords

Gerakan Kemampuan kreatif Literasi Matematika

Article Details

Author Biographies

Alberth Supriyanto Manurung, Universitas Esa Unggul

FKIP

Abdul Halim, Universitas Esa Unggul

FKIP

Ainur Rosyid, Universitas Esa Unggul

FKIP
How to Cite
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Gerakan Literasi Matematika Bagi Siswa untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif di SDN Kenari 07 Pagi. Jurnal ABDI PAUD, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14038

References

  1. Dale (2012) Learning Theories an Education Perspective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Demitra, S. (2012) ‘Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Handep Untuk Pembelajaran Matematika’, JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 19(1).
  3. Desmita (2010) Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Rosda Karya.
  4. Ediyanto, E. et al. (2020) ‘Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 203–209. doi: 10.31004/basicedu.v4i1.325.
  5. Manurung. S. Alberth (2015) ‘Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil’, EDUSCIENCE, 1(1).
  6. Siti Aisyah, Adelina Hasyim, R. R. (2014) ‘PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Vol 2, No 3 (2014) Riswandi’, Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(3).
  7. Sudestia Ningsih, N. K. (2016) ‘PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF’, Ilmiah Potensia, 1(2), pp. 100–106.
  8. Wanelly, W. and Fauzan, A. (2020) ‘Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis’, Jurnal Basicedu, 4(3), pp. 523–533. doi: 10.31004/basicedu.v4i3.388.