Main Article Content

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan guru TK dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru TK Al-Jundi Kota Bengkulu dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah seluruh guru TK Al-Jundi Kota Bengkulu dan guru PAUD di sekitar yang berjumlah 11 orang guru. Metode pada kegiatan pengabdian ini adalah ceramah dan tanya jawab (orientasi), dilanjutkan dengan penugasan (latihan) menyusun proposal penelitian tindakan kelas secara garis besarnya (belum detail dan rinci) di PAUD masing-masing. Hasil pengabdian berupa pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas dan bagaimana penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang  kemudian dikonsultasikan secara individu. Diharapkan setelah  kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan bimbingan dosen PAUD FKIP Universitas Bengkulu, karena sangat membantu  guru dalam rangka kenaikan pangkatnya.

Keywords

Penelitian Tindakan Kelas Guru Taman Kanak-Kanak

Article Details

Author Biographies

M Nasirun, Universitas Bengkulu

PG PAUD

Yulidesni Yulidesni, Universitas Bengkulu

PG PAUD

Indrawati Indrawati, Universitas Bengkulu

PG PAUD

Zahratul Qalbi, Universitas Bengkulu

PG PAUD
How to Cite
Nasirun, M., Yulidesni, Y., Indrawati, I., & Qalbi, Z. (2020). PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI TAMAN KANAK-KANAK AL-JUNDI KOTA BENGKULU. Jurnal ABDI PAUD, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14039

References

  1. Aqib, Zainal, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, untuk Guru;. Bandung: Yrama Widya.
  2. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Asrori; Mansyur dan Harun Rasyid; (2009); Penelitian Tindakan Kelas; Peningkatan Kompetensi Profesional Guru; Multi Presindo; Yogyakarta.
  4. Pedoman Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013
  5. Moeslichatun, R.; (2004); Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak; Rineka Cipta, Jakarta.
  6. Nasirun,M dan Yulidesni (2017), (Pengebadian pada Masyarakat) Pelatihan Penyusunan RPPH pada guru TK Dharmawanita Propinsi Bengkulu.
  7. Nasirun,M dan Yulidesni (2016), (Pengebadian pada Masyarakat) Pelatihan Penyusunan RPPH pada guru PAUD Pertiwi I Kota Bengkulu.
  8. Nasirun,M dan Yulidesni (2017), (Pengebadian pada Masyarakat) Pelatihan Penyusunan RPPH pada guru TK Kartika dan Al-Jundi Kota Bengkulu.
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.
  10. Permendikbud. Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Depdikbud, Jakarta.
  11. Permendikbud. Nomor 146 Tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Depdikbud, Jakarta.
  12. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003; tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta .
  13. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta