Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberi penyuluhan kepada guru-guru Raudhatul Atfal Kabupaten Seluma tentang bagaimana menyusun rencana pembelajaran baik rancangan pelaksanaan pembelajaran. Raudhatul Atfal merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan dengan kekhasan agama Islam bagi anak berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. Salah satu yang perlu disiapkan oleh para guru Raudhatul Atfal adalah penyusunan rencana pembelajaran. Penting bagi seorang guru untuk membuat rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang harus dipersiapkan guru RA adalah Program Semester, rencana relaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, penyuluhan difokuskan pada rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan membelajaran harian. Sebelum kegiatan penyluhan dilakukan, rata-rata guru (94,1%) belum memahami komponen-komponen perencanaan pembelajaran. Setelah dilakukan penyuluh dan pelatihan tentang rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan dan rencana pelaksanaan membelajaran harian), rata-rata guru (82,4%) sudah bisa menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal yang masih dirasa belum dikuasai dan perlu ditingkatkan lagi adalah pemetaan kompetensi dasar dan pendekatan pembelajaran. Oleh karena itu implikasi dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar untuk pengabdian kepada masyarakat berikutnya dapat difokuskan pada pemetaan kompetensi dasar dan pendekatan pembelajaran.
Keywords
Article Details
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
References
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (2018), Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
- Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
- Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (2018), Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.