PENYULUHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PADAGURU-GURU PAUD GUGUS MAWAR MERAH

Sri Saparahayuningsih(1), Zahratul Qalbi(2), Badeni Badeni(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberi penyuluhan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu tentang penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Anak yang kurang memiliki keterampilan motorik halusnya, mereka akan mengalami kesulitan menampilkan akademiknya dan tugas-tugas kehidupan sehari-hari. Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki tugas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak melalui pembelajaran. Agar materi pembelajaran pengembangan motorik halus dapat diterima oleh anak dengan baik diperlukan media pembelajaran. Keterbatasan pengalaman dan motivasi belajar anak dapat diatasi dan dirangsang melalui penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan Hasil survey kami terhadap para guru diperoleh informasi bahwa para guru kurang mengetahui penggunaan media untuk pengembangan motorik halus anak. Melihat hal itu kami tim Dosen Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Bengkulu merasa penting untuk memberikan pelatihan kepada mereka tentang penggunaan media dalam mengembangkan motorik halus anak. Selama pelatihan para peserta aktif mengikuti seluruh kegiatan dan antusias dalam mengerjakan latihan-latihan pengembangan media. Sebagai hasil kegiatan pelatihan, rara-rata para guru Gugus Mawar Merah Kotamadya Bengkulu meningkat sangat baik dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini disarankan agar kegiatan ini dapat dilanjutkan pada tataran implementasi pada anak usia dini.


Keywords


Media Pembelajaran, Motorik Halus

Full Text:

PDF

References


Jamaluddin M, 2018, Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Pada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pambudi.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005: Standar Nasional Pendidikan

Susanto, Ahmad, (2017), Pendidikan Anak Usia Dini, Teori dan Oraktik, Penerbit Bumi Aksara: Jakarta.

Syaodih, Erna Wulan, Psikologi Perkembangan https://s3.amazonaws.com/academia. edu.documents37346159/Psikologi_Perkembangan

Wiyani, Novan Ardi, 2014, Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Penerbit Gava Media, Yogyakarta.

Wulan, Ratna, (2011), Mengasah Kecerdasan Pada Anak Bayi-pra sekolah, Penerbit Pustaka Pelajar: Jogjakarta.

Yamin, Martinis dan Sanan, Jamilah Sabri, (2010), Panduan Pendidikan Anak Usia Dini, Penerbit Gaung Persada: Jakarta

https://teachmykids.co.uk/advice_and_tips/colouring-developing-pencil-control-or-a-holding-activity

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran (Diunduh tanggal 9 Mei 2020)

Zaman, Badru dan Eliyawati,Cucu, 2010, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Jurusan Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i1.16556

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Saparahayuningsih, Zahratul Qalbi, Badeni Badeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ABDI PAUD

Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun Bengkulu 38371 A
Telp/Fax (0736) 21170
Email : abdipaud@unib.ac.id
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index