Main Article Content

Abstract

Belajar online merupakan tantangan pada saat pandemik Covid-19 karena belajar online membutuhkan profesionalitas dan kualitas guru. Pembelajaran berbasis online menjadi solusi di tengah wabah covid-19. Demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran pada saat Covid-19 di SMKN 7 Kota Bengkulu perlu dikembangkan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis online terutama menggunakan google form dan google classroom. Berdasarkan fenomena tersebut, tujuan pengabdian ini sebagai berikut. (1) Guru bisa menerapkan pembelajaran secara online dengan menggunakan google form dan google classroom; (2) Guru bisa menggunakan teknologi dalam mempublikasikan bahan ajar, selama ini guru mengajar secara konvensional yaitu harus dengan melakukan tatap muka; dan (3) Guru tidak lagi menggunakan kertas pada saat latihan atau ujian. 

Keywords

Pelatihan google form google classroom

Article Details

How to Cite
Wisman, W., Youpika, F., & Qalbi, Z. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE FORM DAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN ONLINE DI TENGAH PANDEMIK COVID-19. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19337

References

  1. Afrianti, Wahyuni Eka. 2018. “Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi”. (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
  2. Hamdani, Yuke Yuliani dan dkk. 2017. G Suite. Bandung: Lembaga Sistem Informasi.
  3. Hartley, Darin E. 2001. Selling E-Learning, American Society for Training and Development.
  4. Irawan. 2011. Bekerja Online Dengan Aplikasi Gratis. Palembang: Maxikom.
  5. Mansor, A. Z. 2012. Managing Student’s Grades and Attendance Records using Google Form and Google Spreadsheets. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 420–428. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.296. Diunduh tanggal 7 April 2021.
  6. Maulidi, Achmad. 2015. “Pengertian Belajar Online.” Kanal Pengetahuan. https://www.kanal.web.id/2015/09/pengertian-belajar-online.html.