Main Article Content

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Abad 21 yang digunakan mengajar di TK. Pemecahan masalah dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan melaksanakan kegiatan kegiatan pengabdian masyarakat melalui  pelatihan Model Pembelajaran Abad 21 yang diikuti para guru TK Dharma Wanita Propinsi Bengkulu. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah seluruh guru TK Dharma Wanita Provinsi Bengkulu berjumlah 13 orang guru. Metode kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: Metode Ceramah; Metode Tanya-jawab, Penugasan (latihan) tentang penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Abad 21. Hasil kegiatan penyusunan rencana pembelajaran Abad 21 di TK Dharma Wanita Provinsi Bengkuludan setelah dilakukan evaluasi dan penilaian serta balikan dari peserta disimpulkan kegiatan berjalan dengan baik  sesuai tujuan. Hasil penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru berada pada kriteria baik  artinya seluruh komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Abad 21 sudah dilakukan dengan lengkap dan baik. Saran setelah kegiatan hendaknya perlu pelatihan untuk memberikan tentang komponen dan indikator atau kriteria-kriteria penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran Abad 21

Keywords

Program Pembelajaran Model Pembelajaran Abad 21

Article Details

Author Biographies

M Nasirun, Universitas Bengkulu

PG PAUD

Anni Suprapti, Universitas Bengkulu

PG PAUD

Indrawati Indrawati, Universitas Bengkulu

PG PAUD
How to Cite
Nasirun, M., Suprapti, A., & Indrawati, I. (2021). PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 DI TK DHARMA WANITA PROVINSI BENGKULU. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19559

References

  1. Arsyad, Azhar; (2005); Media Pembelajaran; Raja Grafindo Persada; Jakarta.
  2. Dewi, Rosmala; (2005); Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak; Depdiknas, Jakarta
  3. Djamarah, Syaeful Bahri (2005) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik, Rineka Cipta, Jakarta
  4. Hartati, Sofia; (2009); How To Be a Good Teacher and To Be a Good Mother; Enno Media; Jakarta.
  5. Pedoman Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini 2013
  6. Masitoh; Ocih Setiasih dan Hani Djoehaeni; (2005); Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak; Depdiknas, Jakarta.
  7. Modul PPG Dalam Jabatan Tahun 2019, Model Pembelajaran Abad 21; Model rencana pembelajaran sesuai model pembelajaran abad 21.
  8. Moeslichatun, R.; (2004); Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak; Rineka Cipta, Jakarta.
  9. Nasirun,M dan Yulidesni (2013, peningkatan kompetensi profesional guru paud (pra-jabatan) melalui aplikasi pendekatan pembelajaran inovatif dalam mata kuliah strategi pembelajaran BCCT pada mahasiswa PAUD FKIP UNIB.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014; tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
  11. Suyanto, Slamet; (2005); Pembelajaran Untuk Anak TK; Depdiknas, Jakarta.