Main Article Content

Abstract

Keterlibatan orang tua secara aktif dalam pendidikan anak usia dini, khususnya dalam memanajemen pembelajaran yang dilakukan oleh anak merupakan hal yang sangat penting. Namun terkadang, beberapa kendala seperti keterbatasan pengetahuan serta kesibukkan orang tua sehingga orangtua menyerahkan seutuhnya tanggungjawab dalam pembelajaran kepada guru disekolah. Kadang karna kurangnya komunikasi sering terjadi miskomunikasi antara guru dan orang tua tentang pembelajaran yang dilaksanakan disekolah maupun diluar sekolah.

Manajemen pembelajaran yang baik sangat penting agar kegiatan pembelajaran tidak hanya dilaksanakan disekolah namun dapat dilaksanakan diluar sekolah maupun dirumah dalam pengasuhan serta pantauan orangtua. Orang tua ikut berpartisiapsi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah ketika ada kegiatan yang dilaksanakan oleh guru untuk orang tua dan anak. Adapun solusi yang ditawarkan yaituParentingManajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Keluarga di Paud As Sakinah Pekanbaru. Melalui kegiatan ini diharapkan orang tua dapat menyadari pentingnya peranan orang tua di lingkungan keluarga dalam memanajemen pembelajaran yang dilakukan oleh anak agar hubungan anak dan orang tua lebih dekat serta anak akan termotivasi menunjukkan kemampuan yang dimiliki dalam pembelajaran yang dilakukan disekolah maupun di luar sekolah.

Keywords

Manajemen Pembelajaran AUD Berbasis Keluarga

Article Details

How to Cite
suharni, suharni, Bastian, A., & Novitasari, Y. (2021). PARENTING MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KELUARGA DI PAUD AS SAKINAH PEKANBARU. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19759

References

  1. Algozzine, Gretes, dan Queen. 2007. “Beginning Teachers’ Perceptions of Their Induction Program Experiences”. International Journal of Academic Research Library Vol. 80, Iss. 3; pg. 137, 7 pgs.
  2. Audra Parker, Stacey Neuharth-Pritchett. 2006. “Developmentally Appropriate Practice in Kindergarten: Factors Shaping Teacher.” Journal of Research in Childhood Education; Fall 2006; 21, 1; Academic Research Library pg. 65.
  3. Catron, C.E. & Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum A Creative-Play Model. New Jersey : Merill, Prentice-Hall.
  4. Depdiknas, 2009. Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Jakarata.
  5. Dunn, Cheryl L., J. Owen Cherrington, Annita S. Hollander. 2005. Enterprise Information System, A Pattern-Bassed Approach. Edisi Ketiga, Newyork : Mc-Graw-Hill.
  6. Departemen Pendidikan Republik Indonesia. 2013. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  7. Galuh, dkk. 2013 Panduan Pengembangan Kurikulum PAUD, Solo : Solopos Ceria.
  8. Logue, Mary E. 2007. “Early Childhood Learning Standards: Tools for Promoting Social and Academic Success in Kindergarten.” Children & Schools; Jan 2007; 29, 1; ProQuest Education Journals. pg. 35.