Main Article Content

Abstract

Permasalahan mitra yaitu kurangnya pemahaman guru-guru Paud tentang aplikasi e- Learning dalam pengajaran online. Dimasa pandemi guru-guru menjadi kesulitan dalam memberi materi atau tugas kepada anak yang pembelajarannya tidak tatap muka, sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif terutama dalam membagikan materi dan memberikan penilaian kepada anak. Ini menjadi permasalahan yang dialami hampir semua guru di kecamatan Rumbai. Pembelajaran ada juga dilakukan menggunakan beberapa aplikasi seperti zoom atau google meeting tapi ini aplikasi menjadi beban bagi anak terutama di kuota internetnya. Dengan adanya permasalahan ini, maka pihak sekolah berencana menggunakan sebuah aplikasi atau sistem informasi e-learning dan tim pengabdian akan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi e-learning tersebut kepada guru- guru. Dimana aplikasi ini guru-guru bisa membuat pembelajaran dan soal-soal serta anak juga bisa mengisi absensi. Dengan aplikasi ini juga membuat kemudahan bagi guru-guru untuk merekap nilai. Aplikasi ini menyesuaikan dengan kebutuhan guru Paud Se Kecamatan Rumbai.Target yang ingin dicapai pada pelaksanaan pengabdian ini adalah semua guru PAUD Kecamatan Rumbai dapat mengalikasikan e-learning dalam pembelajaran secara online sehingga proses belajar mengajar berjalan lancar walaupun dimasa pandemic.

Keywords

Pelatihan E-learning Berbasis WEB

Article Details

Author Biographies

Suharni Suharni, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Yesi Novitasari, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Sri Wahyuni, Universitas Lancang Kuning

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
How to Cite
Suharni, S., Novitasari, Y., & Wahyuni, S. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK GURU PAUD DI KECAMATAN RUMBAI KOTA. Jurnal ABDI PAUD, 3(1), 12–16. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v3i1.22374

References

  1. Aminoto, T. (2014). Penerapan media e-learning berbasis schoology untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi usaha dan energi di kelas xi sma n 10 kota jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167. Susanti, E., & Sholeh, M. (2008). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning. Jurnal Teknologi, 1(1), 53-57.
  2. Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
  3. Daulae, T. H. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 06(02), 545.
  4. Levine, L. E., & Munsch, J. (2016). Child Development From Infacy to Adolescence. SAGE Publications Inc.
  5. Sihotang, H. T. (2017). Pembuatan Aplikasi E-learning Pada SMK Swasta Pariwisata Imelda. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).
  6. Suyanto, A. H. (2005). Mengenal E-learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line].
  7. Tersedia: http: www. asep-hs. web. ugm. ac. id..
  8. Somantri, O., Apriliani, D., Muhamad, A. W., & Nishom, M. (2019). Pembangunan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Di SMA NU Ma’Arif Jatinegara Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 189-194.
  9. Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).