Main Article Content

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran di sekolah melalui media pembelajaran yang digunakan. Sasaran dalam kegiatan adalah kelompok dewan guru SMAN 7 Kota Bengkulu yang saat ini merupakan salah satu sekolah unggulan di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan hasil identifikasi awal kepada salah satu dewan guru SMAN 7 Kota Bengkulu, diketahui salah satu permasalahan yang dihadapi guru saat ini adalah kesulitan untuk menyediakan media pembelajaran yang efektif. Citra SMAN 7 Kota Bengkulu dipandang sangat baik oleh masyarakat, sehingga hal ini  hendaknya juga dapat diimbangi dengan kemampuan dewan guru serta seluruh jajaran untuk  menyediakan media pembelajaran yang efektif. Dalam kegiatan PPM ini tim pengabdi merupakan tiga orang dosen Universitas Bengkulu yang berasal dari 3 Fakultas yang berbeda agar tujuan kegiatan dapat dicapai dengan maksimal. Untuk mencapai tujuan kegiatan maka tim pengusul PPM telah melaksanakan rangkaian kegiatan pelatihan kepada dewan guru SMAN 7 Kota Bengkulu mulai dari observasi awal, demonstrasi, diskusi dan evaluasi yang semuanya berorientasi pada tujuan kegiatan. Data menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil yang diperoleh pada observasi awal. Persentase jumlah peserta pelatihan yang memahami pengertian media pembelajaran meningkat menjadi 50% yang semula hanya 37,5%. Sebesar 68,75% peserta pelatihan cukup memahami dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah. Pada observasi awal, persenatsenya hanya 31,25%. Persentase jumlah peserta yang telah memahami penggunaan aplikasi Alice untuk membuat media pembelajaran dengan konten animasi adalah 81,25% dan sebesar 75% dari jumlah peserta pelatihan memahami penggunaan aplikasi Camtasia Studio untuk membuat media pembelajaran.

Article Details

Author Biography

Yudi Setiawan, Program Studi Sistem Informasi - Universitas Bengkulu

Engineering Department

References

  1. A. M, Guru dalam Proses Belajar-Mengajar, 1992nd ed. Bandung: SInar Baru.
  2. E. Retnoningsih, J. Shadiq, and D. Oscar, “Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming) Berbasis Project Based Learning,” Inform. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 95 – 104–95 – 104, 2017.
  3. Sutikno and Dkk, “Perancangan Media Pembelajaran Alat Musik dan Pianika Menggunakan Greenfoot,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., vol. 3, 2015.
  4. R. T. Indaningrum and Dkk, “Media Foto untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa SMA Kabumen,” J. Ling Tera, vol. 2, 2015.
  5. R. Silalahi, “Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Melalui Media Lagu Medley Siswa Kelas VIII SMP Sintang,” J. Ling Tera, vol. 2. No. 1, 2015.
  6. A. Isdianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbantuan Komputer untuk Peserta DIdik Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik., vol. 1 No.2, 2014.
  7. P. W. Atmoko, “Camtasia Studio,” 2016. [Online]. Available: https://kumalainayati.wordpress.com/2016/05/02/camtasia-studio/.