Main Article Content

Abstract

Pada era 4.0 yang semakin berkembang ini peran teknologi dalam bidang pendidikan dapat menunjang proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran.   Perkembangan teknologi yang sudah sangat maju harus diimbangi dengan kreatifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan dalam memahami materi yang diberikan. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan proses pembelajaran berbasis multimedia. Metode terbaru dengan bantuan video membuat bentuk tampilan menjadi lebih menarik dengan konsep visual dengan bentuk gambar bergerak. Dengan adanya hal ini dapat mengatasi kejenuhan siswa saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa akan lebih tertarik, konsentrasi, fokus dan lebih cepat untuk memahami materi karena disampaikan dengan cara yang berbeda. Dalam hal ini, aplikasi yang digunakan dalam pembuatan video pembelajaran adalah Animaker. Pemanfaatan media pembelajaran interaktif, atraktif, sistematis, menarik dan ramah berbasis multimedia memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran serta dengan tampilan yang menarik dan interaktif.

Article Details

References

  1. Dellyardianzah, 2017, Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 10, no. 6, pp. 1- 10
  2. Nofikasari, et al., 2019, Induksi Teknologi Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sarana Peningkatan Proses Pembelajaran dan Manajemen Evaluasi Siswa, Jurnal Abdimas PHB, vol. 2, no. 2, pp. 29-35
  3. Nurrita, T., 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Misykat, vol 3, no. 1, pp. 171-187
  4. Rahmawati, M., and Suryadi, E., 2019, Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 1, pp. 49 -54
  5. Suraya, Fatkhiyah, E., and Suseno, H.P., 2019, Pendampingan Kegiatan program Kemitraan Masyarakat dengan Pembuatan Bahan Ajar Aplikasi Video Scribe Pada Guru di SD Muhammadiyah Pandes Bantul, Jurnal Abdimas PHB, vol.2, no. 2, pp. 42-50