Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui : 1) Mengetahui besarnya harga pokok produksi pada industri rumah tangga brem di Desa Gebang, 2) Mengetahui besarnya kontribusi pendapatan usaha pengolahan brem terhadap penerimaan rumah tangga pengolah brem di desa Gebang, 3) Mengetahui bentuk saluran pemasaran dan marjin pemasaran brem di Desa Gebang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Gebang, penentuan responden dengan metode sensus dimana responden yang diambil sebanyak 20 orang pengolah brem. Sedangkan untuk lembaga pemasaran melalui penelusuran sebanyak 2 orang pedagang pengumpul desa (PPD),2 orang pedagang antar kota (PAK) dan 4 orang pedagang pengecer (PP). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis penentuan harga pokok produksi,analisis kontribusi penerimaan dan analisis pemasaran.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa harga pokok produksi rata-rata pengolahan brem per periode produksi adalah Rp 14.731,77 per kg, kontribusi pendapatan usaha pengolahan brem terhadap pendapatan rumah tangga adalah sebesar 32,28% termasuk kategori tinggi. Sedangkan saluran pemasaran brem di Desa Gebang terdiri dari 3 saluran , yaitu : 1 pengolah menjual brem ke PPD, PPD menjual ke PAK, PAK menjual ke PP, PP menjual ke konsumen. 2) PAK menjual brem ke PPL. 3) PAK  menjual brem ke PB di Yogyakarta. Marjin pemasaran yang diterima PPD adalah sebesar Rp 2.000,00 per kg, PAK sebesar Rp 3.000,00 dan PP sebesar Rp 5.000,00 

Keywords

Pemasaran harga pokok produksi kontribusi pendapatan

Article Details

Author Biography

Retnoningrum Ririn. P, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

Alumni
How to Cite
Arianti, N. N., Sujalmo, S., & Ririn. P, R. (2007). PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI, KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA DAN PEMASARAN BREM DI DESA GEBANG KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN WONOGIRI PROPINSI JAWA TENGAH. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(1), 68–86. https://doi.org/10.31186/jagrisep.6.1.68-86

References

  1. Azzaino, Z. (1983). Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen ilmu-ilmu Sosial. Fakultas pertanian Institut Pertanian Bogor: Bogor.
  2. Garrison. 2002. Akutansi Manajemen Jilid I. ITB: Bandung
  3. Kotler, P. 1987. Manajemen Pemasaran Jilid I. Erlangga: Jakarta.
  4. Nazir, M. 1998. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.
  5. Ningsih. G. M. Analisis Nilai Tambah Agroindustri Brem (Studi Kasus di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun).
  6. Tropika Volume 10. No.02, hal. 169-175, 2002. Jurusan Agribisnis. Fakultas Pertanian. UMM: Malang.
  7. Soekartawi.1991. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>