Main Article Content

Abstract

Pulau  Bali tidak  saja dikenal  sebagai  tujuan  daerah  pariwisata,   tetapi. juga  dikenal sebagai   salah  satu   daerah   penghasil   temak   sapi  potong   di  Indonesia.   Sapi  Bali banyak  diantarpulaukan     untuk   memenuhi   permintaan   daging  sapi  di Jakarta.  Hal ini membuka   peluang   bagi  pengembangan    sapi  di Bali, karena   tidak  hanya  untuk memenuhi   kebutuhan   local, tetapi  juga kebutuhan   pariwisata.   Tulisan  ini bertujuan untuk   menjabarkan    rantai   pemasaran    sapi  potong   di  Bali  dan   para   pemangku kepentingan     di   dalam    rantai    tersebut.    Selanjutnya,    mengidentifikasi     peranan kelompok  tani sebagai  modal  sosial dalam  membantu    petani  kecil untuk  memiliki akses  yang   lebih  besar   dalam   rantai   pemasaran.    Hasil   penelitian   menunjukkan bahwa   rantai   pemasaran    sapi   potong   di  Bali  merupakan    hal   yang   kompleks terbentuk    dari   gabungani    faktor   ekonomi,    sosial   dan   lingkungan.     Pemangku kepentingan   dalam  rantai  pemasaran   ini  adalah  petemak,   pengumpul,    pemotong, makelar,  pengecer  daging,  pedagang   lokal maupun   antar  pulau,  hotel, restoran  dan institusi,   pengemas    daging   serta   konsumen    akhir.   Modal   sosial   yang   dimiliki kelompok   temak   dan  kemampuan    kelompok  untuk   memanfaatkannya     ditentukan oleh banyak  faktor  antara   lain  kualitas  kepemimpinan    kelompok   dan  pentingnya temak  bagi anggota  kelompok.

Keywords

sapi Bali rantai pemasaran modal sosial

Article Details

How to Cite
Ambarawati, I. G. A. A. (2010). CATTLE MARKETING CHAIN AND SOCIAL CAPITAL IN BALI. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.31186/jagrisep.9.1.159-172