Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to get attribute desired customer, determine satisfaction customer againt of “lemang tapai”, and to get quality priority the attributes lemang tapai. The sampling techniqueof this study is accidental sampling to dicided 100 respondents. The method of analysisis test validity and reliability, determine custumer satisfaction indexs (CSI) and determine importance performance analisys (IPA). The result of this study show that attributes desirable customer lemang tapai is a sense of lemang, texture of lemang, colors of lemang, aroma of lemang, bamboo whitout a disability and crack, flawed prevent burning, sense of tapai, texture of tapai, colors of tapai and aroma of tapai. The resut of CSI show the level of satisfaction customer of lemang tapai 0,82. The attributes of lemang tapai that recommended for quality repair by producers is aroma of tapai.

Keywords

attribute Lemang tapai Customer Satisfaction Index (CSI) Importance performance Analysis (IPA)

Article Details

How to Cite
Jayadi, R. P., Effendi, Z., & Marniza, M. (2019). CUSTOMER SATISFACTION ANALYSIS ON LEMANG TAPAI TRADITIONAL FOOD AT BENGKULU. Jurnal Agroindustri, 8(2), 124–132. https://doi.org/10.31186/j.agroindustri.8.2.124-132

References

  1. Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Edisis Revisi. PT BPFE. Yogyakarta.
  2. Amanah, D. 2010. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada majestyk bakery & cake shop h.m. Yamin medan. Jurnal keuangan & bisnis 2 (1): 71-87.
  3. Hikmat, M. M. 2011. Metode penelitian dalam perspektif ilmu komunikasi dan sastra. Graha Ilmu: Yogyakarta.
  4. Irawan, H. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
  5. Kotler, Philips., dan K, Keller. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi 13.PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.
  6. Kurniati, E. E, Silvia., dan Z, Efendi. 2016. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kue BayTat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia 8 (2) : 67 – 75.
  7. Virgo, L. 2015. Analisa Respon Konsumen Terhadap Kualitas, Penampilan, Kemasan, dan Harga pada Lempuk “ Indah Sari “.Skripsi. Universitas Bengkulu. Bengkulu.
  8. Maflahah, I. 2012. Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura dalam Rangka Pengembangan IKM. Jurnal Agrointek 6 (2) : 118 – 122.
  9. Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.
  10. Prasetio, A., A, Anggraini., B, Octavian., dan D, Energa. 2014. Pengaruh Santan Segar Dan Santan Instan Terhadap Mutu Organoleptik Dan Fisik Rendang Daging.https://www.scribd.com/doc/225362415/Pengaruh-Santan-Segar-Dan-Santan-Instan-Terhadap-Mutu-Organoleptik-Dan-Fisik-Rendang-Daging. [diakses 28 Februari 2018].
  11. Prayoga, D.F. 2016. Spesifikasi Kualitas Tape Ketan Hitam (Oryza sativa glutinosa) Berdasarkan Persentase Ragi Tradisional Bengkulu dan Lama Fermentasi. [Skripsi]. Universitas Bengkulu. Bengkulu.
  12. Rangkuti, F. 2003. Measuring Costumer Satisfaction.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  13. Sinaga, N., S, Daulay., dan L, Harahap. 2016. Uji Suhu Terhadap Kualitas Lemang Pada Alat Pemasak Lemang Listrik Tipe Vertikal. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian 4 (3): 433-439.
  14. Sunyoto, D. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi Cetakan ke-1.PT. Refika Aditama. Bandung.
  15. Widiyanto, I. 2008. Pointers: Metodologi Penelitian. BP Undip. Semarang.
  16. Yola, M., dan D, Budianto. 2013. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan importance performance analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri 12 (1) : 301 -309.
  17. Yulianti, H. C. 2014. Uji Beda Kadar Alkohol Pada Tape Beras, Ketan Hitam Dan Singkong. Jurnal Teknika 6 (1): 531-536.