Main Article Content
Abstract
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Rozikin, S. Hermansyah Amir., Salastri Rohiat, S. Hubungan Minat Belajar
- Kimia dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA
- Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang Alotrop, 2018:2(1):78-81.
- Yunita, S., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang, Alotrop, 2018: 2(1):32-37.
- Mahmudah, Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses
- Pembelajaran, Jurnal Kependidikan, 2018 : 6(1): 53-70.
- Waseso, H.P., Kurikulum 2013 : Dalam Prespektif Teori Pembelajaran
- Konstruktivis, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam , 2018:1(1): 59-72.
- Wijayanti, D., Analisis Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap
- Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS,
- Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2015: 1(2) : 83-92.
- Ibda, F., Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget, Intelektualita , 2015: 3(1):27-38.
- Fajarianingtyas, D.A., Herowati, Ratih Yuniastri, Gaya Belajar Dan
- Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks Di SMA Negeri I Sumenep,
- Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA: 2017 : 7(1): 13-22.
- Isnaini , M., Wiwid Pungki Ningrum, Hubungan Keterampilan Representasi
- Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik, Orbital: Jurnal Pendidikan
- Kimia, 2018 : 2(2): 12-25.
- Chandra, A., Suhartono, Ella Fitriani, Penggunaan Peta Konsep Sebagai
- Instrumen Penilaian Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik
- Melalui Model Pembelajaran PDEODE Pada Materi Asam Basa, Jurnal Riset
- Pendidikan Kimia, 2019 : 9 (1) : 1-13.
- A’yun,Q.,Harjito,Murbangun Nuswowati, Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index), Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,2018:12(1)
- : 2108 – 2117.
- Suparno, P.,Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan , Yogyakarta:
- Kanisius, 1997, ISBN: 9789794975756.
- Jannah, M.,Purnama Ningsih, Ratman, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI
- SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga
- Dengan CRI (Certainty Of Response Index), J. Akademika Kim, 2016: 5(2): 85-90.
- Medina, P., Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Larutan
- Elektrolit dan Nonelektrolit Serta Reaksi Oksidasi Dan Reduksi Dalam
- Pembelajaran Kimia Di SMAN Kota Padang, Jurnal Pendidikan dan
- Teknologi Informasi , 2015: 2(1): 1-9.
- Fadllan,A., Model Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Mengatasi
- Miskonsepsi Pada Mahasiswa Tadris Fisika Program Kualifikasi S.1 Guru
- Madrasah , Jurnal Phenomenon, 2011:2(1): 139- 159.
- Lintong,K., Nurhayati Bialangi, Masrid Pikoli , Pengaruh Penerapan Strategi Pogil Terhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks di SMA Negeri 1 Tapa, Jurnal Entropi, 2018:13(2): 215-220.
- Salirawati,D.,Antuni Wiyarsi, Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Materi Ikatan Kimia Untuk Peserta Didik, Jurnal Kependidikan , 2012: 42 (2): 118 - 129
- Novela, M, Amrul Bahar, Hermansyah Amir , Perbandingan Hasil Belajar
- Siswa Dengan Metode Index Card Match Dan Bamboo Dancing, Alotrop ,
- : 1(2) : 123-126.
- Mahirah ,B .,Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa) , Jurnal Idaarah, 2017: 1(2) : 257-267.
- Ruslan,S., Triyanto Pristiwaluyo Evaluasi Program Pembelajaran
- Matematika Di SMA Negeri Watan Soppeng , Riset Assesmen Jurnal
- Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2015: 1(1): 1-7.
- Fazilla, S.,Riandi Marisa, Pengembangan Kemampuan Guru
- Dalam Melakukan Penilaian Portofolio Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, 2015: 15(3): 11-22.
- Andrianie, D, Sudarmin, Sri Wardan, Representasi Kimia Untuk Mereduksi
- Miskonsepsi Siswa Pada Materi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS Chemistry in Education : 7 (2) (2018) :69-76.
- Tarmizi, Abdul Halim, Ibnu Khaldun Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dan Meningkatkan Minat Belajar Peserta
- Didik Pada Materi Rangkaian Listrik Di SMA Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh
- Jaya, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI),2017: 1(2): 149-158.
- Kustiarini,F.T.,Elfi Susanti V.H, Agung Nugroho C.S, Penggunaan Tes
- Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka Untuk Mengidentifikasi
- Miskonsepsi Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Kimia, 2019: 8 (2): 171-178.
- Shalihah, A,Diah Mulhayayiah, Fathiah Alatas , Identifikasi Miskonsepsi
- Menggunakan Tes Diagnostik ThreeTier Pada Hukum Newton Dan
- Penerapannya, Journal of Teaching and Learning Physics,2016:1(1):24-33
- Mujib , A.,Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI Pada
- Mata Kuliah Kalkulus II , Jurnal “Mosharafa”, 2017 :6(2):181-192.
- Saputri,L.A.,Nuri Dewi Muldayanti ,Anandita Eka Setiadi, Analisis
- Miskonsepsi Siswa Dengan Certainty OF Response Index (CRI) Pada
- Submateri Sistem Saraf Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau , Jurnal
- Biologi Education, 2016: 3(2): 53-62.
- Fitria, A ., Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur
- Aljabar Menggunakan Certainty Of Response Index(CRI) Di Jurusan
- Pendidikan Matematika IAIN Antasari, JPM IAIN Antasari,2014:1(2):45-60
- Sopiany, H.N.,Wida Rahayu, Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau
- Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segi Empat, Jurnal Pendidikan
- Matematika, 2019 :13(2): 185-200.
- Deswita,A.P, Lovelly Dwinda Dahen, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
- Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di SMKN 1
- Sawahlunto,Journal of Economic and Economic Education,2013:2(1):1-10
- Wiradana,I.W.G.,Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP Melalui
- Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata,
- Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2012: 45 (2): 130-140.
- Monoarfa, Z.P.,Akram La Kilo, Deasy Natalia Botutihe , Identifikasi
- Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara Pada
- Konsep Larutan Penyangga , Jurnal Entropi , 2017: 12 (2): 215-223.
- Sukmana, E.I.,Ebih AR Arhasy, Analisis Kesalahan Siswa Dalam
- Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pada
- SISWA Kelas X SMK Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019, Prosiding
- Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan
- Matematika Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 19 Januari 2019, ISBN :
- -602-9250-39-8176.
- Sa’o , S.,Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Review Pembelajaran Matematika , 2016, 1(1) : 43-56.
- Siswaningsih, W.,Rose Purnamasari, Pengembangan Tes Diagnostik TwoTier Dan Manfaatnya Dalam Mengukur Konsepsi Kimia Siswa SMA Nahadi, J.Pen.Pend.Kim, 2014, 1(1),51-58.
- Sadhu, S.,Maria Tensiana Tima, Vika Puji Cahyani, Antonia Fransiska Laka, Desfi Annisa, Atina Rizanatul Fahriyah, Analysis of acid-base misconceptions using modified certainty of response index (CRI) and diagnostic interview for different student levels cognitive,
- Int. J. Sci. Appl. Sci.: Conf. Ser. , 2017: 1 (2): 91-100.
- Ibda , F.,Perkembangan KognitiF: Teori Jean Piaget, Intelektualita , 2015: 3 (1): 27-38.
- Subrata, Y.,Arif Didik Kurniawan, Mahwar Qurbaniah, Analisis
- Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak, Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan ,2019; 8(2): 125-142
- Ariandini, D.,Sri Anggraeni, Any Aryani, Identifikasi Miskonsepsi Siswa
- SMP Pada Konsep Fotosintesis Melalui Analisis Gambar, Jurnal Pengajaran
- MIPA, 2013: 18 (2): 178-184.
- Suherman, D.P.,Widi Purwianingsih, Sariwulan Diana, Analisis Hubungan
- Self-efficacy dan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Berdasarkan Gender pada Konsep Genetika, Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2018: 1(1): 14-20.
- Hidayat , S.,Festiyed, Ahmad Fauzi, Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika
- Menggunakan Pendekatan Ekspositori Dan Inkuiri DI Kelas XI IA SMA N 1
- Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota, Jurnal Penelitian
- Pembelajaran Fisika , 2012: 1(1): 1-14.
- Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri RohiatHubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017
- Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop,
- :1(2): 113-116.
- Yuliati, Y., Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya,
- Jurnal Bio Educatio, 2017: 2 (2): 50-58.
References
Rozikin, S. Hermansyah Amir., Salastri Rohiat, S. Hubungan Minat Belajar
Kimia dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA
Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang Alotrop, 2018:2(1):78-81.
Yunita, S., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang, Alotrop, 2018: 2(1):32-37.
Mahmudah, Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses
Pembelajaran, Jurnal Kependidikan, 2018 : 6(1): 53-70.
Waseso, H.P., Kurikulum 2013 : Dalam Prespektif Teori Pembelajaran
Konstruktivis, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam , 2018:1(1): 59-72.
Wijayanti, D., Analisis Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap
Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran IPS,
Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2015: 1(2) : 83-92.
Ibda, F., Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget, Intelektualita , 2015: 3(1):27-38.
Fajarianingtyas, D.A., Herowati, Ratih Yuniastri, Gaya Belajar Dan
Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks Di SMA Negeri I Sumenep,
Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA: 2017 : 7(1): 13-22.
Isnaini , M., Wiwid Pungki Ningrum, Hubungan Keterampilan Representasi
Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik, Orbital: Jurnal Pendidikan
Kimia, 2018 : 2(2): 12-25.
Chandra, A., Suhartono, Ella Fitriani, Penggunaan Peta Konsep Sebagai
Instrumen Penilaian Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik
Melalui Model Pembelajaran PDEODE Pada Materi Asam Basa, Jurnal Riset
Pendidikan Kimia, 2019 : 9 (1) : 1-13.
A’yun,Q.,Harjito,Murbangun Nuswowati, Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index), Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,2018:12(1)
: 2108 – 2117.
Suparno, P.,Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan , Yogyakarta:
Kanisius, 1997, ISBN: 9789794975756.
Jannah, M.,Purnama Ningsih, Ratman, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI
SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga
Dengan CRI (Certainty Of Response Index), J. Akademika Kim, 2016: 5(2): 85-90.
Medina, P., Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Larutan
Elektrolit dan Nonelektrolit Serta Reaksi Oksidasi Dan Reduksi Dalam
Pembelajaran Kimia Di SMAN Kota Padang, Jurnal Pendidikan dan
Teknologi Informasi , 2015: 2(1): 1-9.
Fadllan,A., Model Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Mengatasi
Miskonsepsi Pada Mahasiswa Tadris Fisika Program Kualifikasi S.1 Guru
Madrasah , Jurnal Phenomenon, 2011:2(1): 139- 159.
Lintong,K., Nurhayati Bialangi, Masrid Pikoli , Pengaruh Penerapan Strategi Pogil Terhadap Reduksi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Redoks di SMA Negeri 1 Tapa, Jurnal Entropi, 2018:13(2): 215-220.
Salirawati,D.,Antuni Wiyarsi, Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Materi Ikatan Kimia Untuk Peserta Didik, Jurnal Kependidikan , 2012: 42 (2): 118 - 129
Novela, M, Amrul Bahar, Hermansyah Amir , Perbandingan Hasil Belajar
Siswa Dengan Metode Index Card Match Dan Bamboo Dancing, Alotrop ,
: 1(2) : 123-126.
Mahirah ,B .,Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa) , Jurnal Idaarah, 2017: 1(2) : 257-267.
Ruslan,S., Triyanto Pristiwaluyo Evaluasi Program Pembelajaran
Matematika Di SMA Negeri Watan Soppeng , Riset Assesmen Jurnal
Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2015: 1(1): 1-7.
Fazilla, S.,Riandi Marisa, Pengembangan Kemampuan Guru
Dalam Melakukan Penilaian Portofolio Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan, 2015: 15(3): 11-22.
Andrianie, D, Sudarmin, Sri Wardan, Representasi Kimia Untuk Mereduksi
Miskonsepsi Siswa Pada Materi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS Chemistry in Education : 7 (2) (2018) :69-76.
Tarmizi, Abdul Halim, Ibnu Khaldun Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dan Meningkatkan Minat Belajar Peserta
Didik Pada Materi Rangkaian Listrik Di SMA Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh
Jaya, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI),2017: 1(2): 149-158.
Kustiarini,F.T.,Elfi Susanti V.H, Agung Nugroho C.S, Penggunaan Tes
Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka Untuk Mengidentifikasi
Miskonsepsi Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Kimia, 2019: 8 (2): 171-178.
Shalihah, A,Diah Mulhayayiah, Fathiah Alatas , Identifikasi Miskonsepsi
Menggunakan Tes Diagnostik ThreeTier Pada Hukum Newton Dan
Penerapannya, Journal of Teaching and Learning Physics,2016:1(1):24-33
Mujib , A.,Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI Pada
Mata Kuliah Kalkulus II , Jurnal “Mosharafa”, 2017 :6(2):181-192.
Saputri,L.A.,Nuri Dewi Muldayanti ,Anandita Eka Setiadi, Analisis
Miskonsepsi Siswa Dengan Certainty OF Response Index (CRI) Pada
Submateri Sistem Saraf Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Selimbau , Jurnal
Biologi Education, 2016: 3(2): 53-62.
Fitria, A ., Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur
Aljabar Menggunakan Certainty Of Response Index(CRI) Di Jurusan
Pendidikan Matematika IAIN Antasari, JPM IAIN Antasari,2014:1(2):45-60
Sopiany, H.N.,Wida Rahayu, Analisis Miskonsepsi Siswa Ditinjau
Dari Teori Kontruktivisme Pada Materi Segi Empat, Jurnal Pendidikan
Matematika, 2019 :13(2): 185-200.
Deswita,A.P, Lovelly Dwinda Dahen, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di SMKN 1
Sawahlunto,Journal of Economic and Economic Education,2013:2(1):1-10
Wiradana,I.W.G.,Pengubahan Miskonsepsi Siswa SMP Melalui
Penciptaan Lingkungan Belajar Konstruktivis Berbasis Masalah Nyata,
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2012: 45 (2): 130-140.
Monoarfa, Z.P.,Akram La Kilo, Deasy Natalia Botutihe , Identifikasi
Miskonsepsi Siswa Kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 Gorontalo Utara Pada
Konsep Larutan Penyangga , Jurnal Entropi , 2017: 12 (2): 215-223.
Sukmana, E.I.,Ebih AR Arhasy, Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pada
SISWA Kelas X SMK Negeri 1 Kawali Tahun Ajaran 2018/2019, Prosiding
Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan
Matematika Universitas Siliwangi. Tasikmalaya, 19 Januari 2019, ISBN :
-602-9250-39-8176.
Sa’o , S.,Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Review Pembelajaran Matematika , 2016, 1(1) : 43-56.
Siswaningsih, W.,Rose Purnamasari, Pengembangan Tes Diagnostik TwoTier Dan Manfaatnya Dalam Mengukur Konsepsi Kimia Siswa SMA Nahadi, J.Pen.Pend.Kim, 2014, 1(1),51-58.
Sadhu, S.,Maria Tensiana Tima, Vika Puji Cahyani, Antonia Fransiska Laka, Desfi Annisa, Atina Rizanatul Fahriyah, Analysis of acid-base misconceptions using modified certainty of response index (CRI) and diagnostic interview for different student levels cognitive,
Int. J. Sci. Appl. Sci.: Conf. Ser. , 2017: 1 (2): 91-100.
Ibda , F.,Perkembangan KognitiF: Teori Jean Piaget, Intelektualita , 2015: 3 (1): 27-38.
Subrata, Y.,Arif Didik Kurniawan, Mahwar Qurbaniah, Analisis
Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP Negeri 14 Pontianak, Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan ,2019; 8(2): 125-142
Ariandini, D.,Sri Anggraeni, Any Aryani, Identifikasi Miskonsepsi Siswa
SMP Pada Konsep Fotosintesis Melalui Analisis Gambar, Jurnal Pengajaran
MIPA, 2013: 18 (2): 178-184.
Suherman, D.P.,Widi Purwianingsih, Sariwulan Diana, Analisis Hubungan
Self-efficacy dan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Berdasarkan Gender pada Konsep Genetika, Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2018: 1(1): 14-20.
Hidayat , S.,Festiyed, Ahmad Fauzi, Pengaruh Pemberian Assessment Essay Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika
Menggunakan Pendekatan Ekspositori Dan Inkuiri DI Kelas XI IA SMA N 1
Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota, Jurnal Penelitian
Pembelajaran Fisika , 2012: 1(1): 1-14.
Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri RohiatHubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017
Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop,
:1(2): 113-116.
Yuliati, Y., Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA Serta Remediasinya,
Jurnal Bio Educatio, 2017: 2 (2): 50-58.