Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Guided Discovery Learning menggunakan media video pembelajaran pada materi kesetimbangan ion dalam larutan garam di kelas XI MIA SMAN 08 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan pada bulan Februari – Juli 2019 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas.Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya, maka sampel ditentukan dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen 1 yaitu kelas XI MIA 3 yang berjumlah 34 siswa menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu kelas XI MIA 4 yang berjumlah 35 siswa menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning.Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dan data diolah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian secara umum, kedua model pembelajaran yang diterapkanterbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sudah mencapai standar nilai KKM yaitu 75. Kelas yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan model pembelajaran  Guided Discovery Learning. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu 82,35 dan 77,14 yang berarti nilai post-test telah mencapai standar nilai KKM, kemudian nilai selisih rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu 57,06 dan 52,57. Berdasarkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikansi > 0.05 yaitu 0.214. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learningmenggunakan media video pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Kartini, P., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2021). STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. ALOTROP, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16479

References

  1. Yestiani, D.H dan Nabila Zahwa, Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar, Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar 2020, 4 (1): 41-47
  2. Arsyad, M.A.M., Mangara Sihaloho dan Akram La Kilo, Analisis Miskonsepsi pada Konsep Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI SMAN 1 Telaga, Jurnal Entropi , 2016, 11 (2): 190-195.
  3. Afandi, M., Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Unissula Press , 2013, ISBN: 978-602-7525-64-1
  4. Latifa, B.R.A., Ni Nyoman Sri Putu Verawati dan Ahmad Harjono, Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain,Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2017, 3(1): 61-67
  5. Prasetyana, S.D., Sajidan dan Maridi, Pengembangan Model Pembelajaran
  6. Discovery Learning Yang Diintegrasikan Dengan Group
  7. Investigation Pada Materi Protista Kelas X SMA Negeri Karangpandan, Jurnal Inkuiri, 2015, 4(2): 135-148.
  8. Noviantari, P.S., Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 E Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika, Jurnal Santiaji Pendidikan, 2015, 5 (2): 158-170.
  9. Ningsih, N., Parham Saadi dan Yudha Irhasyuarna, Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Koloid Di Kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin, Journal of Chemistry And Education (JCAE), 2018, 1(3): 209-217
  10. Tahir dan Prihadi Kurniawan, Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2020,9(4): 1059-1066
  11. Medianty, S.U., Amrul Bahar dan Elvinawati., Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu, Alotrop, 2018 , 2(1):58-65
  12. Andari Ms, I.Y., Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2019, 2, (1): 263-275
  13. Rahmawati dan Eri Agustina Dewi, Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bireuen, Lentera , 2014, 14 (9): 6-11.
  14. Rejeki, D.P., M. Hasan dan Abdul Gani Haji, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Peserta Didik SMAN 1 Krueng Barona Jaya, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2015, 3(1): 19-26.
  15. Onikarini, N.L.Y., I Nyoman Suardana dan Kompyang Selamet, Komparasi Model Pembelajaran Guided Dan Free Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA, JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia , 2019, 2(2): 80-91.
  16. Winata, IGB.W.P., Dewa Nyoman Sudana dan Ni Wayan Arini, Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD , 2016, 4 (1): 1-10
  17. Erniwati, Rosliana Eso dan Sitti Rahmia, Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 2014, 10(3): 269 - 273