Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - April 2019. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA yang berjumlah 70 siswa di SMAN 2 Bengkulu Utara tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas XI IPA 1 yang menggunakan model Discovery Learning dan XI IPA 3 yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 47 siswa. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan model Problem Based Learning (PBL) di SMAN 2 Bengkulu Utara tahun ajaran 2018/2019. Nilai rata-rata pretest-posttest pada kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 45 dan pada kelas Discovery Learning sebesar 53,91. Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (0,042). Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning.

Article Details

How to Cite
Anjelina, R., Elvinawati, E., & Nurhamidah, N. (2021). STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. ALOTROP, 5(1), 27–34. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16483

References

  1. Mashuri, I., Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora, Journal Of Mathematics And Mathematics Education (JMEE) , 2012, 2 (1) : 19-35.
  2. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group. ISBN : 978-602-118-605-3
  3. Purbowo, G.A., Mashuri dan Putriaji Hendikawati, Keefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa, Unnes Journal of Mathematics Education (UJME),2012,1(1) : 20-25
  4. Amir, M. T. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana. ISBN : 978-979-1486-63-7
  5. Cahyo dan Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press. ISBN : 978-602-255-111-9
  6. Sudewi, N.L., I W. Subagia, dan I N. Tika. ,Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA , 2014, 4 (1) : 69-78.
  7. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. Http://bsnp/permendikbud. org (diakses tanggal 26 Desember 2018)
  8. Puspitadewi, R., Agung Nugroho Catur Saputro dan Ashadi. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2016, 5 (4) : 114-119.
  9. Assriyanto, K.E., J.S. Sukardjo., dan Sulistyo, Saputro, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 2014,3(3): 89-97
  10. Putrayasa.,I.M., Syahruddin,dan I Gede Margunayasa, Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2014, 2(1) : 85-95
  11. Wulandari, B., dan Herman Dwi Surjono. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2013, 3(2) : 178-186
  12. Arifin, S., Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatan Pemahaman Fikih Kontemporer. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2019,2(1) : 1-19
  13. Karo-Karo S , I.R., dan Rohani, Manfaat Media Dalam Pembelajaran AXIOM, 2018, 7(1): 91-96.