Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dan kelas eksperimen II menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi tatanama senyawa di kelas X IPA MAN Rejang Lebong tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X IPA MAN Rejang Lebong yaitu X IPA 1 sampai X IPA 3 yang berjumlah 96 siswa.Sampel diperoleh dengan cara uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, N-gain score dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan homogenitas diperoleh 2 kelas, kelas X IPA 1 sebagai eksperimen I berjumlah 32 siswa dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 32 siswa. Secara umum kedua model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar, dimana model pembelajaran Numbered Head Together memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ditunjukkan oleh hasil N-gain score sebesar 0,75. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,039 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange dan model pembelajaran Numbered Head Together.

Article Details

How to Cite
Ningsih, S. N., Rohiat, S., & Amir, H. (2021). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). ALOTROP, 5(1), 74–81. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16489

References

  1. Syaodih, N. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN : 979-692-486-2
  2. Mulatsari, D.,Penerapan Model
  3. Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Menggunakan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Memori dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Sistem Periodik unsur X SMK Muhammadiyah 2 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. , 2016, 5 (3): 54-58
  4. Triyanto, E., Sri Anitah dan Nunuk Suryani. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2013, 1(2) : 226-238
  5. Purbowo, G. A., Mashuri, dan Putriaji Hendikawati, Keefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 2012., 1 (1) : 20-25
  6. Kusuma, F.W. dan Mimin Nur Aisyah. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2012, 10(2): 43-63
  7. Rahmi, M., Fitriani dan Dedeh Kurniasih, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Couple Card Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Adisucipto Sungai Raya, Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 2018, 6(1): 79-87.
  8. Susanto, J. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational. , 2012, (2) : 71-77.
  9. Asmawati. Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF). 2016, 4(3): 343-348
  10. Ramadhan,Ari, Syamsuri Hasan dan Kamin
  11. Sumardi, Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal Of Mechanical Engineering Education. , 2014, 1(1) : 16-24
  12. Purwati,F.,S. Khanafiyah dan Sarwi. 2017.
  13. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dengan Bantuan Question Card Untuk Mengembangkan Aktivitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Physics Education Journal . 6(2) :7-14
  14. Huda,A.I.Nur, Mawardi, dan Suhandi Astuti. Perbedaan Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dan Snowball hrowing Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Karya Pendidikan Matematika (JKPM.), 2018, 5 (1) : 49-59
  15. Humaira, Sulistyo Saputro, dan Widiastuti Agustina Eko Setyowati Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Handout terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo, Jurnal Pendidikan Kimia 2019, 8 (2) : 299-305
  16. Dipayana, I M.D., I Gusti Ngurah Japa dan I Made Suarjana. Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha., 2013, 2(1):12-17.