Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian buku teks mata pelajaran kimia sma kelas XI kurikulum 2013 dengan standar kriteria buku teks yang baik menurut permendikbud dan BSNP dan untuk mengetahui kesesuaian cakupan isi buku teks kimia siswa sma kelas XI kurikulum 2013 dengan standar isi berdasarkan permendikbud dan UUSP. Adapun untuk tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan yang terdiri dari melakukan subjek penelitian dan menyusun instrument penelitian yang terdiri dari lembar wawancara yang dilakukan pada bulan Desember 2020, lembar observasi, dan lembar analisis yang dibuat pada bulan Desember 2020. tahap pelaksanaan yang terdiri dari membaca, memahami, analisis kesesuaian materi terhadap kriteria buku teks yang baik, mengajukan pertimbangan hasil analisis, dan membuat kesimpulan dilakukan pada bulan Maret 2020. Didapatkan hasil bahwa persentase skor rata-rata pada tiap bagian yaitu bagian awal 100%, bagian isi 95,5%, dan bagian akhir 100% dan Analisis kesesuaian cakupan materi terhadap kompetensi inti dan kompetensi dasar disimpulkan bahwa cakupan materi yang ada kurang sesuai dengan standar isi buku teks kurikulum 2013 yaitu pada bagian kompetensi inti dan kompetensi dasar 2 , sedangkan kompetensi inti dan kompetensi dasar 1 tidak sesuai. materi atau pokok bahasan yang terdapat pada buku taks kimia ini secara keseluruhan sudah mendukung ketercapaiannya kompetensi inti dan kompetensi dasar 3 dan 4.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Rasyid , H., Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan, Jurnal Pendidikan Anak, 2015, 4(1): 565 - 581
- Saifulloh , M., Zainul Muhibbin dan Hermanto , Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah, Jurnal Sosial Humaniora, 2012, 5 (2): 206-218.
- Clorawati,A.R., Salastri Rohiat dan Hermansyah Amir, Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017:1(2):132-135
- Sariono, Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 2013, 3 (1), 1-9.
- Aisyah ,S.,Evih Noviyanti dan Triyanto, Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Salaka , 2020, 2 (1): 62—65
- Arraman, B.C., dan Nahdatul Hazmi, Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013, Kaganga : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora. 2018, 1 (2): 122-140
- Febriani, M., Kesesuaian Materi ApresiasI Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI), 2018, .6 (2): 123-137.
- Efendi, A., Beberapa Catatan tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah Insania, 2009, 14(2): 320-333
- Laksono, P.J., , Ashadi dan Sulistyo Saputro, Analis Bahan Ajar Kimia Untuk SMA/MA DI Kabupaten Karanganyar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016, Surakarta, 22 Oktober 2016, hal 389-394.
- Kinanti L.P., dan Sudirman, Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung, Sosietas, 2017, 7 (1): 341-345.
- Setiowati,H., Suryadi Budi Utomo dan Ashadi, Analisis Bahan Ajar Kimia SMA Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Berdasarkan Sintaks Model POE (Predict, Observe, Explain), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 26 Oktober 2017, hal 157-161
- Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan), Bandung : Alfabeta, ISBN 979-8433-64-0
- Arikunto, S, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Jakarta : PT Rineka Cipta, Cet.ke-14, ISBN/ISSN 9789800000000
- S u a e b, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui
- Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 2018 , 2 (3): 273-279.
- Anwar, S., Nenden Noviyanti dan Hendrawan, Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/MA Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2017, 4(2): 97-104.
References
Rasyid , H., Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan, Jurnal Pendidikan Anak, 2015, 4(1): 565 - 581
Saifulloh , M., Zainul Muhibbin dan Hermanto , Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah, Jurnal Sosial Humaniora, 2012, 5 (2): 206-218.
Clorawati,A.R., Salastri Rohiat dan Hermansyah Amir, Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017:1(2):132-135
Sariono, Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas, E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 2013, 3 (1), 1-9.
Aisyah ,S.,Evih Noviyanti dan Triyanto, Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia, Jurnal Salaka , 2020, 2 (1): 62—65
Arraman, B.C., dan Nahdatul Hazmi, Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013, Kaganga : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora. 2018, 1 (2): 122-140
Febriani, M., Kesesuaian Materi ApresiasI Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (PBSI), 2018, .6 (2): 123-137.
Efendi, A., Beberapa Catatan tentang Buku Teks Pelajaran di Sekolah Insania, 2009, 14(2): 320-333
Laksono, P.J., , Ashadi dan Sulistyo Saputro, Analis Bahan Ajar Kimia Untuk SMA/MA DI Kabupaten Karanganyar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016, Surakarta, 22 Oktober 2016, hal 389-394.
Kinanti L.P., dan Sudirman, Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri Di Kota Bandung, Sosietas, 2017, 7 (1): 341-345.
Setiowati,H., Suryadi Budi Utomo dan Ashadi, Analisis Bahan Ajar Kimia SMA Pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Berdasarkan Sintaks Model POE (Predict, Observe, Explain), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 26 Oktober 2017, hal 157-161
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan), Bandung : Alfabeta, ISBN 979-8433-64-0
Arikunto, S, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Jakarta : PT Rineka Cipta, Cet.ke-14, ISBN/ISSN 9789800000000
S u a e b, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui
Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 2018 , 2 (3): 273-279.
Anwar, S., Nenden Noviyanti dan Hendrawan, Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/MA Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2017, 4(2): 97-104.