Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number  Head Together (NHT) dan Jigsaw pada pokok bahasan hukum dasar kimia di kelas X MIPA SMAN 06 Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan pada bulan Maret – Juli 2019 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 131 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas. Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya, maka sampel ditentukan dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen I yaitu kelas X MIPA C yang berjumlah 33 siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number  Head Together (NHT) sedangkan kelas eksperimen II yaitu kelas X MIPA B yang berjumlah 32 siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dan data diolah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian secara umum, kedua model pembelajaran yang diterapkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sudah mencapai standar nilai KKM yaitu 75. Kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number  Head Together (NHT) mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menerapkan model pembelajaran  kooperatif tipe Jigsaw. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 85,63 dan 80,60 yang berarti nilai post-test telah mencapai standar nilai KKM, kemudian nilai selisih rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen I dan eksperimen II yaitu 46,87 dan 44,42. Berdasarkan selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II. Pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.039. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number  Head Together (NHT) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Article Details

How to Cite
Fadila, I., Amir, H., & Elvia, R. (2020). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ALOTROP, 4(2), 134–141. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.16694

References

  1. Agustawan, I. G. N., Sutresna, I. B., & Yasa,I. N. (2014). Penggunaan tekhnik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan fakta dan opini pada tajuk rencana Bali Post di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sawan. Jurnal Pendidikan,Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1-12.
  2. Akhmad, Sudrajat. 2011. Pengertian Pendekatan, Strategi. Metode, Teknik Dan Model Pembelajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo. ISBN: 978-602-60613-0-0 .
  3. Andriani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Tzzzaerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika(JPF) 4(1): 106-111
  4. Arifin, Zainal. 2015 . Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN : 978-602-7774-33-9
  5. Arini Sufairoh .2016. Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student teams- achievement division (STAD)” Jigsaw Di Smkn 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3 (01) : 63-68
  6. Huda. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN: 978-602-9033-8-1
  7. Isjoni. 2012. Cooprative learning : Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung :Alfabeta. ISBN: 978-979-8433-29-0
  8. Suprijono. 2014. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta . ISBN : 987-979-518-166-8
  9. Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta. Teras. ISBN : 9784069783075
  10. Tony, Buzan. 2015. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
  11. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. ISBN : 978-979-148-668-2
  12. Wahyuni, Nadya Dirma,. Amrul Bahar., Dewi Handayani. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Kimia Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Think Talk Write. Alotrop. 1(2) : 144 - 147
  13. Wasonowati, Ratna Rosidah Tri., Tri Redjeki., Sri Retno Dwi Ariani. 2014.Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum – Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3 (3):66 – 75