Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (IOC) dan tipe bamboo dance (BD) pada materi perkembangan model atom di Kelas X IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 4 kelas dari kelas X IPA dengan jumlah siswa 136. Sampel penelitian ditentukan dengan cara uji normalitas dan uji homogenitas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dengan jumlah 34 siswa dan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe BD dengan jumlah 34 siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan pretes dan postes. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih pretes dan postes. Analisa data yang digunakan yaitu nilai rata-rata dimana nilai rata-rata pada kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-ratanya 51,175 dan kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 59,264. Uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, Dimana uji hipotesis ini menggunakan uji t dengat taraf signifikan (?=0,05) .Dari hasil yang terlihat diperoleh nilai untuk hasil belajar thitung 3,680 dan ttabel 1,668. Berdasarkan hasil uji hipotesis dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe BD . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe BD lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe IOC.

Article Details

How to Cite
Lestari, E. G., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DAN BAMBOO DANCE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. ALOTROP, 4(2), 142–147. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.16696

References

  1. Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada. 2009, ISBN 979-421-693-3
  2. Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru . Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 2014, ISBN : 978-979-769-460
  3. Sagala, S., Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabet. 2011, ISBN 978-979-8433-13-3
  4. Harahap, S.N., Pengembangan Model Pembelajaran Dengan Mengintegrasikan Strategi Pembelajaran Dan Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia. 2016, 8(1) : 19-26
  5. Mahmudah, Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran, Jurnal Kependidikan , 2018, 6 (1): 53-70
  6. Purnamasari, M., J.S. Sukardjo, dan Agung Nugroho. C.S., Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Make A Match (MM) Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2013, 2 (1) : 67-72
  7. Lestari, B., Suripto dan Suhartono, Penerapan Model Bamboo dance (tari bambu) Dengan Media Kartu Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Organisasi Di Kelas V Sekolah Dasar, Kalam Cendekia,. 2017, 5(5.1):447-452
  8. Darmawati, Imam Mahadi dan Ria Syafitri, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 2 SMP N 2 Pekan Baru Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Jurnal Biogenesis, , 2012, 8(2): 31-42
  9. Aqib, Z., dan Ali Murtadlo. Kumpulan Metode Penelitian pembelajaran kereatif dan inovatif. Bandung : PT Sarana Tutoral nurani Sejahtra. 2016 , ISBN 978-602-0907-38-3
  10. Rosyid, F.A., dan Eusi Puspita Sari. Implementasi Model Pembelajaran Bamboo dance Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII-Shofa Mts Mafatihul Huda Depok Cirebon. Jurnal edueksos, 2018, 7(1) : 91-104