Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan dan mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi kimia sistem koloid di kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Mei 2019. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 6 kelas dengan total populasi 210 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling dengan uji normalitas dan uji homogenitas, dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran GI. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Secara umum kedua model pembelajaran terbukti mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, dimana minat belajar siswa diperoleh paling tinggi pada kelas eksperimen I sebesar 81,83% dan pada kelas eksperimen II sebesar 70,07% sedangkan hasil belajar kimia siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu sebesar 80 dan 77,14. Hasil uji t pada aspek afektif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,181 yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dengan model pembelajaran Group Investigation (GI).

Article Details

How to Cite
Rahayu, O., Bahar, A., & Rohiat, S. (2021). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. ALOTROP, 5(2), 125–134. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.16701

References

  1. Cintamulya, I., Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Di Era Informasi Dan Pengetahuan, Jurnal Formatif , 2012, 2(2) : 90-101
  2. Krismiyati, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak, Jurnal Office, 2017, 3(1): 43-50.
  3. Sulaeman, A., Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer, Islamadina, 2015, 14(1): 71 - 95
  4. Wahyuni,R., dan Teti Berliani,
  5. Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan (JMSP), 2019, 3 (2): 63-68.
  6. Afandi, M., Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani, 2013 , Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Semarang , Unissula Press , ISBN 978-602-7525-64-1
  7. Istiningsih, G., Ela Minchah L.A, dan Evik Priharlina, Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar, Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD , 2018, 2 (2): 94-103.
  8. Djalal, F., Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran, Sabilarrasyad , 2017, 2 (1) : 31-52.
  9. Syofiana,N., Salastri Rohiat dan HermansyahAmir., Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (MM) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu, Alotrop, 2018 : 2(2): 122-131.
  10. Ginting, S.M., dan Hermansyah Amir, Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II, Exacta, 2012, 10(1): 98-105.
  11. Garini, W.P., Hartono dan Effendi, Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Yayasan IBA Palembang, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Kimia, 2018, 5(2): 147-156.
  12. Rahayu, A., Pupun Nuryani, dan Arie Rakhmat Riyadi, Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2019, 4 (2): 102-111
  13. Asih, N.M., N.L.P. Suciptawati, G.K Gandhiadi dan N. Widana, Penerapan Metode SAVI Untuk Peningkatan Keberhasilan Belajar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V SD 12 Jimbaran, Buletin Udayana Mengabdi, 2017, 16 (1): 171-177.
  14. Agustianti, S., Penerapan Model SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI, Jurnal Pendidikan Tambusai, 2020, 4 (2): 1596-1608.
  15. Elfiyani, Y., Suroso dan Yustinus, Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model SAVI Pada Siswa Kelas 5 SDN Dukuh 03 Salatiga, Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2018, 2 (4): 375-387
  16. Dewi, R.K., Sumpono dan Salastri Rohiat
  17. Perbandingan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN 2 Arga Makmur Pada Pembelajaran Menggunakan Team Assisted Individualization Dan Group Investigation Berbasis Kurikulum 2013, Alotrop , 2018 : 2(2): 137-147.
  18. Widyanto, P., Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk
  19. Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kelas IV SDN Jetak 01, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang), Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2017, 3(1): 118-129.
  20. Cahayu, K., Sri Hariyani, dan Riski Nur Istiqomah Dinulloh, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Media Suling, Jurnal Review Pembelajaran Matematika ( JRPM), 2020,5(2): 137-148
  21. Berutu ,M.H.A., dan Muhammad Iqbal H. Tambunan, Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat, Jurnal Biolokus , 2018, 1(2): 109-115.
  22. Rohmah,O.M., Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang), Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2019, 2(1): 39-49
  23. Syardiansah, Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II), Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 2016, 5(1): 440-448.
  24. Marleni,L., Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang, Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2016, 1(1): 149-159
  25. Muanifah, M.T. dan Halimah Sa’diyah, Pendekatan SAVI Sebagai Metode Alteratif Untuk Memaksimalkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2018, 4 (3): 393-399.
  26. Abdullah, Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa, Edureligia, 2017, 1(1): 45-62.
  27. Vahlia, I., Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery Dan Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa, Aksioma, 2014, 3(2): 43-54.