Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan ion dalam larutan yang dilakukan pada bulan Maret – Mei 2020. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 3D yang merupakan modifikasi model 4D dari Thiagarajan. Penelitian dilakukan di MA Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019 – 2020 dengan subjek penelitian yaitu 33 siswa kelas XI MIPA 1 untuk uji coba skala kecil dan 103 siswa kelas XI MIPA 2, MIPA 3, dan MIPA 4 untuk uji coba skala besar. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap pendefinisian (define) yang terdiri dari analisis awal akhir, analisis siswa, analisis KD, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) yang terdiri dari penyusunan kisi-kisi, penyusunan butir soal, dan desain awal. Tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari validasi instrumen, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Pada tahap pengembangan ini dihasilkan 55 butir soal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli evaluasi dengan tingkat kelayakan sebesar 86,8% dan 85,0% yang dinyatakan sangat baik sehingga dapat dilakukan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dianalisis, didapatkan bahwa 42 butir soal memenuhi kriteria dalam analisis soal yang baik sehingga layak untuk digunakan. Adapun hasil distribusi butir soal HOTS yang dikembangkan yaitu C3 sebanyak 29%, C4 sebanyak 45%, C5 sebanyak 24%, dan C6 sebanyak 2,3%. Butir soal HOTS yang dikembangkan memiliki nilai uji yang tinggi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu sebesar 83,5%, kemampuan berpikir tingkat tinggi yang kurang yaitu sebesar 1,0%, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat kurang yaitu sebesar 1,9%. Dari hasil tersebut, didapatkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019 – 2020 yaitu sangat baik dengan rata-rata 85,9%.

Article Details

How to Cite
Dewi, P., Elvia, R., & Elvinawati, E. (2021). PENGEMBANGAN BUTIR SOAL HOTS UNTUK MENGUJI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI MA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ALOTROP, 5(2), 141–148. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17119

References

  1. Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, dan Hermansyah Amir, Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu. Alotrop, 2017:1(2):132-135
  2. Alhamuddin, Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum), Nur El-Islam, 2014, 1(2): 48-58.
  3. Hanifah, N., Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah Dasar, Current Research in Education: Conference Series Journal, 2019, 1(1): 1-8.
  4. Saraswati, P.M.S., dan Gusti Ngurah Sastra Agustika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2020, 4 (2) : 257-269
  5. Idrus, L., Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2019, 9(2) : 922-935.
  6. Riadi, A., Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan , 2017, 15 (28): 52-67.
  7. Achadah, A., Evaluasi Dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar,An-Nuha, 2019, 6 (1): 91-107.
  8. Suharman, Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik, At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 2018, 10 (1): 93-115.
  9. Sa’idah, N., Hayu Dian Yulistianti, dan Eka Megawati, Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP, Jurnal Pendidikan Matematika, 2019, 13(1): 41-54
  10. Gradini,E., Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Numeracy, 2019, 6 (2): 189-203.
  11. Khaldun, I., L. Hanum, dan S. D. Utami, Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 2019, 7(2): 132-142.
  12. Widhiyani, I. A. N. T., I. N. Sukajaya, dan G. Suweken., Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2019, 8(2): 161-170.
  13. Kurniawan, D., dan Sinta Verawati Dewi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast -O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan, Jurnal Siliwangi , 2017, 3(1): 214-219.
  14. Mu’awanah, S., Pengembangan Instrumen Penilaian Problem Solving Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains ( SNPS) V 2015, Surakarta, 19 November 2015, Hal 132-140
  15. Susanto, H., Achi Rinaldi, dan Novalia, Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 2015, 6(2): 203-217
  16. Nasir, M., Analisis Empirik Program Analisis Butir Soal Dalam Rangka Menghasilkan Soal Yang Baik Dan Bermutu Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Fisika, Prosiding Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, Pontianak 5-7 Mei 2015, Hal 336 - 347
  17. Bhakti, Y.B., Pengaruh Jumlah Alternatif Jawaban Dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Tes, Jurnal Formatif , 2015, 5(1): 1-13.
  18. Arifin, Z., Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) , 2017, 2 (1): 28-36
  19. Budiastuti D., dan Agustinus Bandur, Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS, 2018, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media, ISBN: 978-602-318-365-4
  20. Himmah, W.I., Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir , Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2019, 3(1): 55-63
  21. Anwar, B., Buku Master Book Kimia SMA-MA/SMK-MAK Kelas X, XI, XII, 2021, Bandung, Yrama Widya, ISBN : 978-602-374-952-2
  22. Fatimah, L.U., dan Khairuddin Alfath, Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 2019, 8 (2): 37-64.
  23. Litna, K.O., NM Sri Mertasari, dan G Sudirtha, Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika SMA Kelas X, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 2021, 11(1): 10-20.
  24. Anisah dan Sri Lastuti, Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa, Kreano, 2018, 9 (2): 191-197