Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon peserta didik, hasil belajar, dan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi reaksi reduksi-oksidasi (redoks). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model pengembangan yang digunakan yaitu Borg & Gall dengan batasan pada tahapan kesembilan yaitu Potensi dan Masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi ahli media, materi, soal, angket respon peserta didik, tes uji pemahaman peserta didik, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak, menurut ahli media dengan nilai rata-rata 4,45, ahli materi 4,63; dan ahli soal 4,6. Hasil respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan pada uji coba produk skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 4,57 dengan kriteria sangat menarik. Pada tes uji pemahaman peserta didik diperoleh nilai N-gain score yaitu 0,65 yang termasuk dalam klasifikasi tinggi. Pada angket motivasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,3 dengan kriteria sangat menarik. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran kimia berbasis android yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi reaksi reduksi-oksidasi.

Article Details

How to Cite
Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. ALOTROP, 5(2), 168–174. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17138

References

  1. Mukaromah,E., Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa, Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2020, 4(1): 179-185.
  2. Padlurrahman dan Hary Murcahyanto, Pengembangan Paket Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Drill And Practice Melalui Model Pembelajaran Berbantuan Komputer: Analisis
  3. Kebutuhan Di SMA/MA Kabupaten Lombok Timur, Jurnal EducatiO, 2014, 9(2): 278-292
  4. Jannah , M., dan Nurdiyanti, Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Sistem Peredaraan Darah Pada Manusia, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 2021,1(1): 75– 84
  5. Andriani,T., Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan
  6. Komunikasi, Sosial Budaya : Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 2015, 12(1): 127-150
  7. Nurvitasari, E., dan Henie Poerwandar Asmaningrum, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Guru
  8. Dalam Pembelajaran Kimia SMA Di Distrik Merauke, Jurnal Magistra, 2018, 5 (1) : 48-61.
  9. Sapriyah, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2019, 2(1): 470 - 477
  10. Fakhruddin, Farid Ahmadi, Sumilah , dan Isa Ansori, IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Upaya Peningkatan Kualitas Guru Dengan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Implementasi Kurikulum 2013, ABDIMAS , 2017, 21 (2): 103-110
  11. Anwas, O.M., Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Jurnal Teknodik , 2013, 17(1): 493-504.
  12. Istijabatun, S., Pengaruh Pengetahuan Alam Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2008, 2(2): 323-329
  13. Prasetya, A.T., Sigit Priatmoko, dan Miftakhudin, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, , 2008, 2 (2): 287-293
  14. Tafonao,T, Peranan Media
  15. Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2018, 2 (2): 103-114.
  16. Oktiani, I., Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik, Jurnal Kependidikan, 2017, 5(2): 216-232
  17. Cahyani, A., Iin Diah Listiana, Sari dan Puteri Deta Larasati, Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2020, 3 (1): 123-140.
  18. Kuswanto, J., dan Ferri Radiansah, Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Infotama , 2018, 14 (1): 15-20
  19. Rezeki, S., Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers, Jurnal Pendidikan Tambusai , 2018, 2(4): 856-864.
  20. Sugiyono, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet. 20), 2014, Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-979- 8433-24-5
  21. Febriyanto, Y., Lisa Utami, dan Zona Octarya, Desain Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Koloid Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau, Journal Education and Chemistry, 2020, 2 (1): 1-7.
  22. Putra, R.S., Nanik Wijayati dan F. Widhi Mahatmanti, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2017, 11(2): 2009-2018
  23. Matsuo, K., Leonard Barolli, , Fatos Xhafa, Akio Koyama, A., and Arjan Durresi, New Function for Stimulating Learners' Motivation in a Web-Based e-Learning System. Journal of Distance Education Technologies, 2008, 6 (4) : 34 - 49.