Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang di batasi pada tahap implementasi. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, katerpahaman dan respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis learning cycle 5e yang di rancang menggunakan media exe-learning pada pokok bahasan larutan penyangga. Data penelitian di peroleh dari angket validasi ahli materi dan media, angket keterpahaman dan angket respon siswa terhadap e-modul kimia yang dikembangkan. Tingkat kelayakan e-modul berdasarkan validasi ahli materi sebesar 93,33% yang menyatakan bahwa kualitas materi pada e-modul sudah layak dari aspek materi dan berbasis learning cycle 5e, validasi ahli media sebesar 92% yang menyatakan bahwa kualitas tampilan pada e-modul sudah layak dari aspek media. Tingkat keterpahaman e-modul  sebesar 77,08% yang menyatakan wacana atau narasi pada e-modul mudah untuk di pahami oleh peserta didik. Respon siswa siswa terhadap e-modul sebesar 84,03% yang menyatakan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap e-modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukan bahwa e-modul kimia menggunakan exe-learning berbasis learning cycle 5e pada materi larutan penyangga sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Agusti, M., Ginting, S. M., & Solikhin, F. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA MENGGUNAKAN EXE-LEARNING BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. ALOTROP, 5(2), 198–205. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17240

References

  1. Muqodas, R.Z., Kamin Sumardi, dan Ega Tawali Berman, Desain Dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi, Journal of Mechanical Engineering Education, 2015, 2 (1) : 106-115.
  2. Widodo C.S., dan Jasmadi, Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis. Kompetensi, 2008, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo, ISBN: 9789792731743
  3. Supriadi, Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran, Lantanida Journal, 2015, 3 (2): 127-139.
  4. Prastowo, A., Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Cetakan 5, 2013, Jogjakarta: DIVA Press, ISBN, 978-602-978-898-3.
  5. Utari, Y.L., Deskoni, dan Dewi Koryati
  6. Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Ekonomi SMA Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir , Jurnal Profit , 2017, 4(2): 155-171.
  7. Minarni, Affan Malik dan Fuldiaratman, Pengembangan Bahan Ajar Dalam Bentuk Media Komik Dengan 3D Page Flip Pada Materi Ikatan Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2019, 13 (1): 2295 – 2306.
  8. Laksono, P.J., Ashadi, dan Sulistyo Saputro, Analis Bahan Ajar Kimia Untuk SMA/MA Di Kabupaten Karanganyar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains ( SNPS) 2016, Surakarta, 22 Oktober 2016, Hal 389-393.
  9. Arianti, Peranan Guru Dalam
  10. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone,2018, 12 (2): 117-134.
  11. Kirkwood, V. and D. Symington, Lecturer Perceptions of Students Difficulties in First-year Chemistry Course. Australian Science Education Association Conference, 2001, 73: 339-343
  12. Alighiri, D., Apriliana Drastisianti, dan Endang Susilaningsih, Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam
  13. Pembelajaran Multiple Representasi, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2018, 12(2): 2192 – 2200
  14. Sanjiwani NLI, IW. Muderawan, dan IK Sudiana , Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banjar, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2018, 2(2): 75-84.
  15. Sariati, N.K., I Nyoman Suardana, dan Ni Made Wiratini, Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2020, 4 (1) : 86-97.
  16. Falahudin, I., Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara , 2014, 1(4): 104 – 117.
  17. Dwiyanti, I., A.R. Supriatna, dan Arita Marini , Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2021, 6(1): 74-88.
  18. Putra, O.D., Darlius, dan Harlin, Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Mata Kuliah Sistim Pemindah Tenaga DI Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Sriwijaya, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2017, 4(1): 29-37.
  19. Febriana, F.D., dan Norida Canda Sakti, Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS, Jurnal PROFIT, 2021, 8 (1): 47-58
  20. Hafsah, N. R. J., Dedi Rohendi, dan Purnawan, Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik, Journal of Mechanical Engineering Education, 2016, 3(1) : 106 -112
  21. Romayanti, C., Agus Sundaryono dan Dewi Handayani. Pengembangan E-modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 2020: 4(1): 51-58
  22. Feriyanti, N., Sholeh Hidayat, dan Luluk Asmawati, Pengembangan e-Modul Matematika Untuk Siswa SD, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2019, 6(1): 1-12.
  23. Syukra , H., Andromeda, Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/MA, Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development , 2019, 1(4): 877-886.
  24. Muzijah, R., Mustika Wati, dan Saiyidah Mahtari, Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2020, 4 (2): 89-98
  25. Silalahi, M. V. Pengembangan Media Exe-learning Pada Kimia Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di HKBP Nommensen Pematangsiantar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2020: 3(3): 516-524
  26. Asthira P, I.W., Nym. Kusmariyatni, dan I Gd. Margunayasa, Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus III, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD , 2016, 4 (1): 1-9.
  27. Superni, N.L., Nyoman Dantes, dan I M Gunamantha, Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA, International Journal of Elementary Education, 2018, 2 (2): 115-122
  28. Yuliatii, Y., Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Pancasila Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Pada Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan Fisik), Jurnal Cakrawala Pendas, 2015, 1(1): 58-67.
  29. Sugihartini, N., dan Kadek Yudiana, ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan , 2018 , 15 (2):277-286.
  30. Mawaddah, W., Mochammad Ahied, Wiwin Puspita Hadi, dan Ana Yuniasti Retno Wulandari, Uji Kelayakan Multi-media Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Natural Science Education Reseach, 2019, 2 (2): 174-185.
  31. Sawitri,A.M., Wachju Subchan, dan Iis Nur Asyiah, Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Mnemonik Dengan Metode RWP (Reading-Writing-Presentation) Dalam Pembelajaran Biologi Di SMK Analis Kesehatan, Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2017, 2 (1): 1-8
  32. Rankin, E.F.and Joseph W Culhane, Comparable Cloze and Multiple-Choice Comprehension Test Scores, Journal of Reading, , 1969, 13(3): 193-198.
  33. Hartana, T.A., Siti Suryaningsih, dan Buchori Muslim, Hasil Validasi Dan Uji Keterpahaman Buku Pengayaan Biokimia Materi Karbohidrat Terintegrasi Keislaman, Lantanida Journal, 2021, 9 (1) 50-61.
  34. Ashri, N., dan Lilik Hasanah, Uji Keterpahaman Dan Kelayakan Bahan Ajar IPA Terpadu, Edusains, 2016, 8 (2) : 144-148
  35. Rachmatia, E., Aunurrahman, dan Andy Usman, Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Untuk Kecakapan Membangun Dan Menggunakan Konsep Redoks Dan Hidrokarbon Kelas X SMAN 3 Sungai Kakap, Jurnal Pembelajaran Prospektif , 2016, 1 (2) : 20-31