Main Article Content

Abstract

The purpose of this research to determine the difference in learning outcome and interest of students on chemistry learning between class which applied snowball throwing and class which applied talking stick learning model on nomenclatur of  chemical compounds material in curriculum-2013 of  grade X IPA in  SMA Negeri 10 Bengkulu City. Research conducted is a research with the type of quasi experiment. Analysis of the data used are mean values, normality test, homogeneity test, and t-test. Chemistry learning outcome data obtained pretest and posttest value where average improvement value of cognitive learning result for snowball throwing class and talking stick class are 56,970 and 45,606. While the interest of students learning of  both experiment classes procure percentage are 81,567% and 75,373%. The result of t test with significant level (? = 0,05), then got value for tcount   >ttable is 4,734 > 1,669 for learning result and 3,596 > 1,669  for interest learning. The results showed that there were significant differences in learning outcomes and learning interest between classes that applied snowball throwing learning and classes that applied the talking stick learning model.

Article Details

How to Cite
Saputri, R. J., Sumpono, S., & Elvia, R. (2019). PERBANDINGAN HASIL DAN MINAT BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DAN TALKING STICK PADA KURIKULUM-2013 DI SMAN 10 KOTABENGKULU. ALOTROP, 2(2). https://doi.org/10.33369/atp.v2i2.7489

References

  1. Rati , N.W., Ni Pt. Wiwin Sucidamayanti, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Mrningkatkan Hasil Belajar IPS, International Journal of Elementary Education. 2017, 1 (2) : 115-124.
  2. Nurkholis, Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal Kependidikan, 2013: 1 (1): 24-44.
  3. Rozikin, S., Hermansyah Amir, Salastri Rohiat, Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang, Alotrop, 2018 :2(1): 78-81.
  4. Zein, M., Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran, Jurnal Inspiratif Pembelajaran, 2016: 5(2): 274-285.
  5. Slameto.2015.Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta. ISBN:978-979-518-166-8
  6. Fatchurrochman,R., Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar , Pelaksanaan Prakerin Dan Pencapian Mata Pelajaran Produktif , INVOTEC, 2011: 7(2):175–188.
  7. Abdullah, R., Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran , Lantanida Journal, 2016: 4 (1): 35-49.
  8. Muthoharoh, N, B, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share (TPS)” Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris , Jurnal SAP, 2017 : 2(1): 33-42.
  9. Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat, Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2): 113-116.
  10. Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II, EXACTA , 2012: 10 (1), 98-105.
  11. Amir,H., Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu, Manajer Pendidikan, 2016: 10(4): 336-342.
  12. Razak , M., Yusminah Hala, A. Mushawwir Taiyeb., Efektifitas Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri 4 Watampone, Jurnal Sainsmat, 2016: 5(1): 58-73.
  13. Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.2014:3(1):28-35
  14. Lestari, D.A., Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa, Widyagogik, 2015: 3 (1): 62-79.
  15. Handayani,T., Mujasam, Sri Wahyu Widyaningsih, Irfan Yusuf, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik , Jurnal Curricula , 2017: 2(1): 47-58.
  16. Meirza Nanda Faradita , Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2018 : 2(1A) : 47-58.
  17. Sari, Y.A, Amrul Bahar, Salastri Rohiat., Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar Dan Kartu Kemudi Pintar, Alotrop .2017: 1(1): 44-48
  18. Nugroho, A.T.R., Sukiswo Supeni Edie, Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Learning Start With A Question Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Kendal , Unnes Physics Education Journal. (UPEJ): 2015 : 4 (3) : 10-16.
  19. Clorawati, A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir. Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu. Alotrop. 2017 :1(2): 132-135.
  20. Trinova, Z., Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik , Jurnal Al-Ta’lim, 2012: 1(3): 209-215
  21. Widi, R., Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi, Stomatognatic (J.K.G. Unej), 2011: 8 (1): 27-34
  22. Nalendra, A.R.A., Sariwaty Agus Suhaila, Pengaruh Implementasi Kebijakan dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik, Widya Cipta , 2018: 2(1): 141-148.
  23. Nadun, Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Trigonometri, JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) , 2017: 3(1): 67-76.
  24. Harjono, A.C., Sarwi , Sulhadi, Penerapan Model Active Learning Berbasis Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Siswa , Unnes Physics Education Journal , 2013: 2 (3): 1-7.
  25. Antari, N.M.D., Ketut Agustini, Dewa Gede Hendra Divayana, Studi Komparatif Model Pembelajaran Talking Stick Dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2016: 13(2): 127-136.
  26. Ardaya, D.A., Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi IPA Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2016: 1 (1): 72-83.
  27. Simbolon , N., Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik , Elementary School Journal PGSD FIP Unimed , 2013: 1(2): 14-19
  28. Fitriani, Abdul Karim, Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Dan Relasi Siswa Dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SMPN 4 Rumbio Jaya , PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 2017: 5 (1): 96-104.
  29. Humam, A.F., M. Nur Rokhman, Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode SQ3R (Survey , Question , Read, Recite , Review ) Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA 3 SMA N Klaten Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Pendidikan Sejarah, 2018: 5 (4): 349-359.
  30. Susilawati. , Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick dan Snowball Throwing pada Materi Redoks Kelas X MA Univa Medan CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 2018: 2(1): 56-67
  31. Sartono, L,N., Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD, ELSE (Elementary School Education Journal), 2017: 1(1): 77-84.
  32. Sari, R.D., Satrijo Budi Wibowo , Juli Murwani, Perbedaan Prestasi Belajar Akuntansi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas XII IPS Di SMA Negeri 1 Wungu, ASSETS : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 2015: 4 (1): 73-81.
  33. Novida,I., Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Pejuang Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat , Jurnal Bina Gogik, 2016: 3 (1): 1-14.
  34. Norpah , Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 5 Muara Uya Melalui Model Pembelajaran Talking Stick, SOCIUS: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 2017: 6 (2): 269-282.
  35. Boinah, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Talking Stick, Jurnal Civics, 2017: 14 (1): 1-9.