Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi pengabdian Robotika yang dapat memotivasi siswa belajar sains dan mengetahui  motivasi belajar siswa  setelah kegiatan pengabdian yang berjudul Demontrasi dan Simulasi Robot Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Sains Pada SMPN 2 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode ceramah dan demonstrasi visual, visualisasi, animasi dan simulasi tentang Robotika melalui video. Materi ajar yang disampaikan dengan menggunakan multimedia interaktif yang meliputi, narasi, animasi, visualisai, simulasi dan video terbukti berhasil memotivasi siswa untuk lebih peduli pada sains hasil respon siswa dari 18 responden menggunakan skala likert 5 berada pada kategori termotivasi atau peduli dengan score 3,75 pada skala 1 -5.

Article Details

How to Cite
Mayub, A., Ruyani, A., & Yuliyati, Y. (2021). Demontrasi dan Simulasi Robot Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Sains Pada SMPN 2 Kota Bengkulu. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i1.19093

References

  1. Kemdikbud, 2013. Pedoman Penilaian Hasil Belajar. Jakarta.
  2. Depdikbud. 2017. Pelaksanaan Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.
  3. Mayub A., 2018. “Center of Pressure Feedback for Controlling the Walking Stability Bipedal Robots using Fuzzy Logic Controller”, International Journal of Electrical & Computer Engineering.
  4. Fahmizal, 2011. “Implementasi Sistem Navigasi Behaviour Based Robotic dan Kontroler PID pada Manuver Robot Maze”, Skripsi S1 ITS Surabaya.
  5. Fahmizal, M Arrofiq, Mayub, A., 2018.”Identifikasi Pemodelan Matematis Robot Wall Following, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi.
  6. Mayub, A., 2009. “Robot Line Follower Dengan Kendali PID”, Media Informatika 7 (1), Fakultas Teknologi Industri UII.