Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan (Knowledge) dan Memberikan keterampilan (Skill) kepada warga Desa Tanjung Terdana Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Adapun khalayak sasaran adalah warga desa yang tergabung dalam kelompok Ibu-ibu PKK. Monitoring dan evaluasi dilaksanakan untuk melihat keberhasilan kegiatan pelaksanaan pelatihan dan tugas terbimbing, khususnya pelaksanaan tugas terbimbing yang dilakukan oleh peserta. Hasil monev menunjukan bahwa warga telah melakukan kegiatan hidroponik serta sudah mandiri dan memahami proses perawatan tanaman hidroponik. Dengan demikian warga sekolah telah memahami tentang hidroponik sederhana dengan menggunakan teknik wick system. Teknik ini juga mampu memberikan solusi terhadap pengolahan sampah box stereoform buah.

Article Details

How to Cite
Yennita, Y., Karyadi, B., & Yani, A. P. (2021). SOSIALISASI PENERAPAN TEKNOLOGI (MODEL) HIDROPONIK BAGI MASYARAKAT PONDOK KUBANG BENGKULU TENGAH. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i1.19109

References

  1. Cahyono, B. 2014. Teknik Budidaya Daya dan Analisis Usaha Tani Selada. CV. Aneka Ilmu. Semarang
  2. Kementerian Lingkungan Hidup. 2014. Mengenal Penghargaan Adiwiyata. (Online). (http://menlh.go.id) diakses 18 Mei 2015)
  3. Pinus Lingga. 1984. Hidroponik: Bercocok tanam tanpa tanah. Penerbit: Niaga Swadaya.
  4. Siti Istiqomah. Menanam Hidroponik. Penerbit: Ganeca Exact.