Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian pada masyarakat untuk menyajikan materi sains bermakna dan menyenangkan. Materi sains yang dibahas mengenai konep listrik dinamis. Kegiatan dilakukan dalam 2 langkah, yaitu: 1) melakukan eksplorasi pemahaman terkait konsep listrik dinamis, dan 2) melakukan percobaan sederhana untuk mengukur variabel fisis kuat arus, Tegangan dan daya menggunakan pemanfaat sayur dan buah. Materi disampaikan dengan ceramah, diskusi, demonstrasi dan Eksperimen. Peserta berjumlah 16 siswa di SMP N 2 Kota Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan di laboratorium SMP N 2 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan antara lain angket respon siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain : 1) siswa memperoleh wawasan dan pengetahuan bahwa sayur dan buah dapat menghantarkan arus listrik 2) penguatan konsep Listrik dinamis, dan 3) Siswa termotivasi belajar sains berbasis percobaan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah siswa termotivasi dan menambah pengetahuan dalam belajar sains pada konsep abstrak melalui percobaan sederhana yang bermakna dan menyenangkan

Article Details

How to Cite
Wardana, R. W., Firdaus, M. L., Nursaadah, E., & Pitaloka, N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Sains yang Bermakna dan Menyenangkan Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP N 2 Kota Bengkulu. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.33369/andromeda.v1i1.19111

References

  1. Asmani, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: Diva Press
  2. Jauhar, Mohamad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
  3. Kartawidjaja, M., Abdurrocman, A., dan Rumeksa, E. 2008. Pencarian Parameter Bio-Baterai Asam Sitrat (C6H8O7).Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II : 105-115
  4. Masrukhi dan Rahayuningsih, M. (2010). Universitas Konservasi: Wahana Pembangun Karakter Bangsa (Sebuah Renungan Dies Natalies Unnes ke-45). Semarang: Unnes.
  5. Morar, F., and A. Peterlicean. (2012). The role and importance of educating youth regarding biodiversity conservation in protected natural areas. Procedia Economics and Finance 3, 1117-1121
  6. Ramadoss, A., and G. Poyyamoli. (2011). Biodiversity conservation through environmental education for sustainable development – A case study from Puducherry, India. International Electronic Journal of Environmental Education 1(2), 97-111
  7. Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada