Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMKS 10 Telekomunikasi Kota Bengkulu, dengan peserta merupakan guru-guru dari SMK Swasta se-Kota Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi media bagi guru sehingga mampu mengembangkan media pembelajaran di kelas masing-masing. Media pembelajaran yang dikembangkan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di era digital, dan produk pengembangan berupa media elektronik yang dapat diakses oleh siswa dimanapun dan kapanpun. Pengembangan media memanfaatkan aplikasi seperti MIT APP Inventor yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology, USA. Peserta guru antusias dalam mengikuti kegiatan ini karena dirasa manfaat bagi peningkatan kompetensi guru secara individu dan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran terutama di SMK Swasta Kota Bengkulu .
Article Details
Authors who publish in this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aji, Rizki Bayu, Norma Sidik R, and Siti Fatimah. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS6 dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ).” XI(1): 78–83.
- Asyhari, Ardian, Helda Silvia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5(1). 1-13
- Devetak, I, V, Ferk Savec. 2018. Chemical Education in Slovenia: Past Experiences and Future Challenges. Journal Chemical Education. 1(1). 205-219
- Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, and Tatang Permana. 2017. “156 Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” 4(2): 156–62.
- Mikolajczyk, T., Fuwen, H., Moldovan, L., Bustillo, A., Matuszewski, M., & Nowicki, K. 2018. Selection of machining parameters with Android application made using MIT App Inventor bookmarks. Procedia Manufacturing. 22: 172–179.
- Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah. 3(1): 171–187.
- Nurseto, Tejo. 2011. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Ekonomi & Pendidikan 8: 19–35
References
Aji, Rizki Bayu, Norma Sidik R, and Siti Fatimah. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS6 dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ).” XI(1): 78–83.
Asyhari, Ardian, Helda Silvia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5(1). 1-13
Devetak, I, V, Ferk Savec. 2018. Chemical Education in Slovenia: Past Experiences and Future Challenges. Journal Chemical Education. 1(1). 205-219
Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, and Tatang Permana. 2017. “156 Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.” 4(2): 156–62.
Mikolajczyk, T., Fuwen, H., Moldovan, L., Bustillo, A., Matuszewski, M., & Nowicki, K. 2018. Selection of machining parameters with Android application made using MIT App Inventor bookmarks. Procedia Manufacturing. 22: 172–179.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah. 3(1): 171–187.
Nurseto, Tejo. 2011. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Ekonomi & Pendidikan 8: 19–35