Main Article Content

Abstract

ABSTRACT

The Covid-19 pandemic has had an impact on various sectors of people's lives, one of which is the broiler farming sector. Health efforts to tackle the spread of Covid-19, such as the Large-Scale Social Restriction policy, have limited economic activities and activities, resulting in market uncertainty. This study aims to analyze the impact of the pandemic on the consumption and distribution of chicken meat in Bengkulu City. The method in this research uses literature study and descriptive analysis. The results of the analysis show that during the pandemic there was a decline in demand for chicken meat from 509,385 in 2019 to 498,367 chickens in 2020 and was followed by a decrease in chicken meat consumption in Bengkulu City. In addition, the price of chicken meat is more volatile when compared to before the pandemic. The distribution of chicken meat has an impact on constraints in the distribution flow of chicken meat, changes in the pattern of the distribution chain of chicken meat, and difficulties in finding consumers/consumer demand instability. This pandemic still has the potential to change the dynamics of people's lives with new variant mutations. For this reason, there is a need for risk mitigation strategies for livestock businesses such as training on diversification of processed chicken meat products and marketing training using digital platforms. The Covid-19 pandemic has greatly affected various aspects of life, one of which is the broiler farming sector. During the pandemic there was a decrease in demand for chicken meat compared to before the pandemic, followed by a decrease in the average consumption of chicken meat in the community.

 

Key words: Chicken distribution, chicken consumption, covid-19, sosial distancing

 

ABSTRAK

Pandemi Covid 19 berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya sektor peternakan ayam broiler. Upaya kesehatan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 seperti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar telah menyebabkan terbatasnya aktivitas dan kegiatan ekonomi sehingga terjadinya ketidakpastian pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pandemi terhadap konsumsi dan distribusi daging ayam di Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dan analisis deskriptif. Hasil analisa menunjukkan bahwa selama pandemi terjadi penurunan permintaan daging ayam dari 509.385 ekor pada tahun 2019 menjadi 498.367 ekor ayam pada tahun 2020 dan diikuti dengan penurunan konsumsi daging ayam pada masyarakat di Kota Bengkulu. Selain itu, harga daging ayam lebih fluktuasi jika dibandingkan sebelum terjadi pandemi. Pada distribusi daging ayam berdampak terhadap kendala pada alur distribusi daging ayam, perubahan pola rantai distribusi daging ayam, dan kesulitan mencari konsumen/ketidakstabilan permintaan konsumen. Pandemi ini masih berpotensi mengubah dinamika kehidupan masyarakat dengan adanya mutasi varian baru. Untuk itu, perlunya strategi mitigasi risiko bagi usaha peternakan seperti pelatihan mengenai


diversifikasi produk olahan daging ayam dan pelatihan pemasaran menggunakan platform digital. Pandemi Covid 19 sangat berpengaruh terhadap berbagi aspek kehidupan, salah satunya sektor peternakan ayam broiler. Selama pandemi terjadi penurunan permintaan daging ayam jika dibandingkan sebelum terjadi pandemi, diikuti dengan penurunan rata-rata konsumsi daging ayam masyarakat.

 

Kata kunci: covid-19, distribusi ayam, konsumsi ayam, pembatasan sosial

Keywords

Covid-19 distribusi ayam konsumsi ayam pembatasan sosial

Article Details

Author Biography

Yurike Yurike, Universitas Bengkulu

Program Pascasarjana Pengelolaan Sumber Daya Alam, Universitas Bengkulu

References

  1. Adzanian, D.F.D., I. Kentjonowaty, I. Dinasari R. 2021. Studi literatur dampak pandemi covid 19 terhadap fluktuasi harga dan pemasaran daging ayam ras pedaging di Jawa Timur. Jurnal Dinamika Rekasatwa 4(2): 271-281.
  2. Alamsyah, A., E. Basuki, A. Prarudiyanto, S. Cicilia. 2019. Diversifikasi produk olahan daging ayam. Jurnal Abdi Mas TPB 1(1): 63-69. DOI: 10.29303/amtpb.v1i1.12.
  3. Armelia, V., D.A. Naofal, Ismoyowati, A.S. Novie. 2020. Dampak sosial ekonomi covid-19terhadap usaha peternakan broiler di Indonesia. Prosiding. Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VII-Webinar: Prospek Peternakan di Era Pandemi COVID-19. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.
  4. Azhar, R. 2020. Harga Daging Ayam Potong Naik, Pedagang Kurangi Stok Penjualan. bengkuluekspress.com. diakses pada 2 Maret 2022.
  5. BPS. 2020. Konsumsi dan Pengeluaran. Badan Pusat Statistik, Bengkulu.
  6. BPS. 2021. Kota Bengkulu Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik, Bengkulu.
  7. Dermoredjo, S.K., Y.H. Saputra, D.H. Azahari. 2020. Dampak pandemi covid-19 terhadap perdagangan dalam negeri komoditas pertanian. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Kementerian Pertanian.
  8. Harmen. 2020. Dampak pandemi covid–19 terhadap ketersediaan pakan ternak di Sumatera Barat. Jurnal Pembangunan Nagari 5(2): 130 – 147. DOI: 10.30559/jpn.v5i2.199.
  9. Ilham, N, G. Haryanto. 2020. Dampak pandemi covid-19 pada produksi dan kapasitas peternak. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Kementerian Pertanian.
  10. Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 Di T1ngkat Desa Dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019.
  11. Laporan Perekonomian Indonesia 2020. Krisis Kemanusiaan Covid-19 Dan Implikasinya Pada Tatanan Perekonomian Global. Bank Indonesia.
  12. Maskur, C.A. 2020. Analisis dampak covid-19 terhadap pendapatan peternak unggas di Kabupaten Probolinggo. Agriovet 3(1): 63-74.
  13. Mokhtar, N.F. 2015. Internet marketing adoption by small business enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science 6(1): 59–65.
  14. Novianti, D.A., I.K. Sari, R. Saputri, W. Parasian, A. Subekan, E.
  15. Hariyanto, A. Darono. 2021. Merekam Pandemi Covid-19 Dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Jakarta.
  16. Pakpahan, A.K. 2020. Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional 56-64. DOI: 10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64.
  17. Priyanti, A., I. Inounu. 2016. Perilaku harga produk peternakan pada hari besar keagamaan nasional. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian 14(2): 149-162. DOI: 10.21082/akp.v14n2.2016.149-162.
  18. Pusat Informasi Harga Pangan. 2022. Tabel Harga Berdasarkan Daerah. https://hargapangan.id/tabel-harga/pasar-tradisional/daerah
  19. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. Alfabeta, Bandung.
  20. Suharyanto, E. Soetrisno, Yurike. 2021. Pembuatan bakso sehat dengan penambahan buah naga merah bagi masyarakat di Desa Srikaton, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES) 1(1): 35 40. DOI:10.33369/icomes.v1i1.19322.
  21. Susanti, E.N., W. Rindayat, Sahara. 2014. Permintaan pangan hewani rumah tangga di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan 3(1):42-63. DOI: 10.29244/jekp.3.1.2014.42-63.
  22. Tiesnamurti, B. 2020. Prospek peternakan di era normal baru pasca pandemi COVID-19: pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya genetik ternak sebagai penyedian pangan hewani. Prosiding. Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VII– Webinar: Prospek Peternakan di Era Normal Baru Pasca Pandemi COVID-19, Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.
  23. Wakhidati, Y., M. Sugiarto, H. Aunurrohman, A. Einstein, K. Muatip. 2020. Dampak pandemi covid 19 pada restrukturisasi tenaga kerja pada usaha ayam broiler pola kemitraan di Kabupaten Banyumas. Prosiding. Seminar Teknologi Agribisnis Peternakan (STAP). Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman,7, pp. 278-279. Retrieved from http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/584
  24. Wardhana, A. 2015). Strategi digital marketing dan implikasinya pada keunggulan bersaing umk di Indonesia. Prosiding. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV. Universitas Pendidikan Indonesia, pp. 327–337.
  25. Widyako, A., E.T. Widyarti. 2021. Strategi pemasaran digital peternakan pada produk susu sapi perah (studi kasus: CV Langgeng Tani Makmur). Solusi: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi 19(2): 128-140. DOI: 10.26623/slsi.v19i2.3159.
  26. Winda, A. 2016. Pola konsumsi daging ayam broiler berdasarkan tingkat pengetahuan dan pendapatan kelompok Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran.
  27. Zed, M. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.