Olahraga Voli Sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online Bagi Remaja Di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma

Jeki Sandra Bujang(1), Sulastri Sulastri(2), Indra Agung Pradita(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah meningkatnya aktivitas bermain game online yang dimainkan oleh remaja yang ada di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka tujuan dari penerapan voli ini untuk mengurangi aktivitas bermain game online pada remaja di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma. Dalam kegiatan penerapan yang dilakukan oleh tim mengabdi peserta berjumlah sebanyak 25 remaja. Tahapan-tahapan dalam penerapan ini yaitu melakukan diskusi dengan karang taruna dan perangkat desa Jambat Akar Kabupaten Seluma, melakukan penerapan dan pemanasan dalam permainan voli, praktek voli dan evaluasi. Kemudian teknik yang dilakukan adalah teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui frekuensi nilai rata-rata peserta dan teknik evaluasi atau analisis data antara sebelum melakukan dengan sesudah melakukan. Berdasarkan hasil penerapan dan evaluasi dapat disimpulkan bahwa olahraga voli mampu mengurangi aktivitas bermain game online bagi remaja yang ada di Desa Jambat Akar, Kabupaten Seluma.


Keywords


Voli, Game, Online, Remaja, Seluma

Full Text:

PDF

References


Akmarina, Y. N. (2016). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1.

Arditama, H. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (Mpi) Materi Permainan Bola Voli Untuk Kelas 5 Di Sd Tlogorejo 3 Demak (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 261-267.

Baqer, S., & Bawono, M. N. (2019). Kontribusi Konsentrasi Terhadap Hasil Ketepatan Servis Atas Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Putra SMPN 3 Madiun. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2).

Febriani, Y., & Rifki, M. S. (2020). Pengaruh Metode Drills For Game-Like Situation Terhadap Kemampuan Passing Bawah Atlet Bolavoli. Jurnal Stamina, 3(6), 481-498.

Latar, I. M. (2015). Meningkatkan keterampilan bolavoli mahasiswa penjas dengan metode latihan. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 1-10.

Marhani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Kelas Xii Ia3 Sma Negeri 4 Parepare. PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI, 2(2), 236-247.

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 114-124.

Nopiyanto, Y. E., Dimyati, D., & Dongoran, F. (2019). Karakteristik Psikologis Atlet Sea Games Indonesia Ditinjau Dari Cabang Olahraga Tim. Sporta Saintika, 4(2), 27-46.

Piyeke, P. J., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2014). Hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online pada remaja di manado. Jurnal keperawatan, 2(2).

Purnama, E. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas X Sma Ypk Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation).

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6(1), 661-671.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ) PENDAHULUAN Program pemerataan pendidikan telah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Safuridar, S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Pengangguran di Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(1), 94-106.

Showab, A. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7(3).

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. ATIKAN, 5(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jeki Sandra Bujang, Sulastri Sulastri, Indra Agung Pradita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.