Main Article Content

Abstract

Pengabdian penyuluhan kesehatan dan pelatihan sport massage bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam tanggap Covid-19 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Di samping itu masyarakat dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap tanggap Covid-19 dan pemuda/i serta masyarakat dapat menjadi tenaga masase agar dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh anggota masyarakat pada umumnya dan keluarga khususnya. Mitra dalam pengabdian ini adalah masyarakat dan pemuda/i di Kenagarian Lasi Kecamatan Candung. Metode pendekatan yang ditawarkan  dalam pemecahan permasalahan adalah diskusi langsung dengan masyarakat, merancang dan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, melakukan penyuluhan kesehatan dan pelatihan sport massage. Teknik dalam pengumpulan data dengan menggunakan angket tentang pengetahuan kesehatan, pengetahuan dan  keterampilan sport massage. Hasil pengabdian didapatkan bahwa: 1) meningkatnya pengetahuan tentang penyuluhan kesehatan; 2) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan tentang sport massage. Melalui pengabdian ini didapat bahwa melalui penyuluhan kesehatan dan pelatihan sport massage dapat meningkatkan pengetahuan dan keteranpilan dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh dalam rangka tanggap Covid 19.

Keywords

kesehatan sport massage imunitas tubuh

Article Details

References

  1. Graha, A.S., & Priyonoadi, B. (2009). Terapi Masase Frirage Penatalaksanaan Cedera Pada Anggota Gerak Tubuh Bagian Atas. Yogyakarta: FIK UNY.
  2. Kardi, I. S., Nasri, N., Ibrahim, I., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Penerapan Aktivitas Fungsional Rekreasi Pada Masa New Normal Untuk Menjaga Kesehatan Lanjut Usia. Jurnal Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti, 1(1), 62-70.
  3. Kementrian Kesehatan RI. (2011). Panduan Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
  4. Muzani, Ahmad. (2020). Pandemi Covid 19. Jawa Pos.com Jurnal Penelitian Sains. Diakses 22 April 2020.
  5. Nugraha, Ali Satya, Bambang, Riyadi. (2010). Massage Terapi Cedera Olahraga. Surakarta: Yuma Pustaka.
  6. Nuraini, Sri. (2016). Pelatihan Massage Bagi Eks Tenaga Kerja Indonesia di Subang Jawa Barat. Jurnal Sarwahita Vol 13 No 1 Hal 27-33, Universitas Negeri Jakarta.
  7. Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90-100.
  8. Priyonoadi, B. (2011). Sport Massage (Masase Olahraga). Yogyakarta: FIK UNY.
  9. Priyonoadi, B. (2008). Sport Massage. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri.
  10. Yulianti. (2010). Asuhan Kebidanan II Persalinan. Jakarta: Trans Info Media.