Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas dan penggunaan mendeley jarang digunakan oleh guru Penjasorkes di Siberut Selatan. Solusi yang ditawarkan adalah melalui beberapa kegiatan yaitu: 1) pelatihan pemahaman guru tentang penulisan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas dan penggunaan mendeley pada kelompok guru penjasorkes, 2) Pelatihan Pembuatan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas dan penggunaan mendeley pada kelompok guru penjasorkes, 3) workshop tentang Pembuatan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas dan penggunaan mendeley pada kelompok guru penjasorkes, dan 4) pendampingan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dengan mengikuti Standar Operasional Prosedur Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu sebelum kegiatan dimulai, ruangan dinetralisir serta peserta sebelum memasuki ruangan wajib untuk mencuci tangan dan memakai masker, kegiatan ini dilakukan dengan membuat kelompok-kelompok kecil dan tidak melebihi 5 orang. Selain itu metode online juga diterapkan dalam hal pelatihan dan pendampingan.

Keywords

Karya ilmiah ptk mendeley penjasorkes

Article Details

References

  1. Apriagus. (2018). Manajemen Kebugaran. Padang: SUKABINA.
  2. Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: RINEKA CIPTA.
  3. BBC (2009-10-26). "Science enters the age of Web 2.0". BBC News.
  4. Dalman. (2015). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  5. Henning, V.; Reichelt, J. (2008). "Mendeley - A Last.fm For Research?". IEEE Fourth International Conference on eScience. 7.
  6. Hull, D.; Pettifer, S.; Kell, D. (Oct 2008). McEntyre, Johanna, ed. "Defrosting the digital library: bibliographic tools for the next generation web". PLOS Computational Biology. 4 (10): e1000204. doi:10.1371/journal.pcbi.1000204. ISSN 1553-734X.
  7. Jason, F. (2009). "Mendeley Manages Your Documents on Your Desktop and in the Cloud". Diakses tanggal 2009-08-17.
  8. Penelitian Tindakan Kelas. (2015). Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. LeutikaPrio.
  9. Ramdhan, A. (2015). Mengelola Referensi Karya Ilmiah dengan Mendeley. Jakarta : Elek Media Koputindo.
  10. Rochiati, W. (2019). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rosda Karya.
  11. Sanjaya & Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenada Media.
  12. Suharsimi & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
  13. Suryaningtyas, W. (2014). Mendeley. Jakarta : Leutikaprio.
  14. Suryatna & Moekart. (2003). Dasar-dasar pendidikan rekreasi. Jakarta. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenga Kependidikan
  15. Undang-undang Republik Indonesia No 3 tahun 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta: Jurnal.