Main Article Content

Abstract

 Masa pandemi covid-19, membuat para guru harus lebih ekstra melakukan proses pembelajaran tanpa tatap muka. Demi mencapai tujuan pembelajaran, tentu mata pelajaran yang memuat praktikum menjadi lebih sulit dilakukan di masa ini. Selain itu, kondisi keterbatasan alat dan bahan yang tersedia di Lab Sekolah, ikut menyumbang kurangnya keberhasilan  kegiatan praktikum sehingga menyebabkan kurangnya ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, diadakannya kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan secara lebih mendalam kepada guru terkait keterampilan mengembangkan aplikasi Virtual laboratory lewat software PhET Simulations. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi 3 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan diawali dengan ceramah mengenai pengenalan software PhET dan Virtual laboratory, serta pendampingan penggunaan PhET Simulations untuk membantu pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPA. Diharapkan bahwa kegiatan ini dapat membantu guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran di sekolah.

Keywords

Pembelajaran IPA Software PhET simulations Virtual laboratory

Article Details

How to Cite
Tibrani, M., Riyanto, R., & Anggraini, N. (2022). Pendampingan Simulasi Pemodelan Sains Menggunakan Software PhET Simulations Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Virtual Laboratory Bagi Guru IPA Palembang. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 169–178. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21183

References

  1. Abdurrahman, Ahmad, Y., & Muhammad, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Virtual Simulasi PheT Ditinjau dari Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–8.
  2. Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Jurnal Pendidikan Fisika And Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung. Pendidikan Fisika, 3, 74–82.
  3. Hiltrimartin, C., Aisyah, N., Somakim, S., Hartono, Y., Darmawijoyo, D., Hapizah, H., ... & Simarmata, R. H. (2022). Pendampingan Penyusunan Asesmen Pembelajaran Pemodelan Matematika Bagi Guru Matematika Maitreyawira Untuk Mengukur Kemampuan Pemodelan Peserta Didik. Journal Of Sriwijaya Community Service On Education (Jscse), 1(1), 38-47.
  4. Jevanda BS, K., Bendi, R., Hermawan, L., & Prakoso, R. T. (2019). Pendampingan di Bidang Informatika untuk Olimpiade Sains Kabupaten (OSK). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIPAMAS), 3(1), 9-16.
  5. Jufri, W. (2021). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Penerbit Pustaka. Reka Cipta. 1(176), 8–23.
  6. Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i2.12900
  7. Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
  8. Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
  9. Schwichow, M., Anna Hellmann, K., & Mikelskis-Seifert, S. (2021). Pre-service Teachers’ Perception of Competence, Social Relatedness, and Autonomy in a Flipped Classroom: Effects on Learning to Notice Student Preconceptions. Journal of Science Teacher Education, 33(3), 282–302. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.1913332
  10. Susanti, L., & Hamama Pitra, D. A. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health & Medical Journal, 1(2), 54–58. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.242.