Main Article Content

Abstract

This researcher aims to describe the application of the Discovery Learning Model in increasing the Indonesian Language Learning Activities of Class VII Students. I at SMP Negeri 2 Lahat, describes the application of the Discovery Learning Model in improving the Indonesian Language Learning Achievement of Class VII Students. I at SMP Negeri 2 Lahat. Research conducted on classroom action combined with quasi-experimental. The subjects of this study were students VII A and B SMP N 2 Lahat as the PTK class and the experimental class while the VII A class was the control class. The instruments used were the observation sheet and the test. The data analysis technique used the formula for the average percentage value of classical learning completeness and the t test, while the observation data were analyzed with the highest average score, the lowest score, the difference in scores and the range of values for each criterion. The results showed that the application of the Discovery Learning model approach can increase student activity and learning achievement

Keywords

Model Discovery Learning Learning Achievement

Article Details

How to Cite
Irawan, A., & Turdjai, T. (2021). APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS ’INDONESIAN LEARNING ACTIVITY AND ACHIEVEMENT KELAS VII SMP NEGERI 2 LAHAT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(2), 222–229. https://doi.org/10.33369/diadik.v9i2.17451

References

  1. Agus Suprijono 2013 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
  2. Arika Istiana, Galuh. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery LearningUntuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA SMA negeri Ngemplak Tahun 2014.Universitas Sebelas Maret. Solo.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara. Jakarta.
  4. Azhari. 2015. Penerapan Model Pembe-lajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa XIIPA 1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri Unggul Sigli. Universitas Syiah Kuala. Aceh.
  5. Gusmalisa, Debi. 2015. Penerapan Model Discovery Learning Terhadap HasilBelajar dan Aktivitas Siswa pada Mata Pelajaran Geografi (Skripsi). Bandar Lampung (ID). Universitas Lampung. Bandar Lampung.
  6. Hanafiah, dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.Bandung.
  7. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran AbadGhalia Indonesia. Bogor.
  8. Ilahi, Takdir. 2003. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill, Diva Press. Jakarta.
  9. Isjoni 2013 Pembelajaran Kooperatif. Pustaka Pelajar. Bandung.
  10. Istarani. 2011. Model Pemblajaran Inovatif. Media Persada. Medan.
  11. Kunandar. 2011.Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Rajawali Pers. Jakarta.
  12. Purwatiningsih, Sri. 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing UntukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Universitas Tadulako. Palu.
  13. Putri, Ihdi Shabrona. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktifitas Siswa. Universitas NegeriMedan. Medan.
  14. Rosarina,Gina. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Universitas Pendidikan Indonesia. Subang.
  15. Sadirman. 2001. Ilmu pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.
  16. Sani, Abdulah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum2013. Bumi Aksara. Jakarta.
  17. Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
  18. Sistari. 2018. Metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Aktifitas dan hasil Belajar IPS Terpadu SMP Xaverius. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
  19. Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Press. Jakarta.
  20. Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung
  21. .2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  22. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  23. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
  24. Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima. Bandung.
  25. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pemblajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.
  26. Syaiful, Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung,
  27. Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
  28. Trianto. 2007. Model–Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Prestasi Pustaka. Jakarta.
  29. Wahyudi, Eko. 2015. Penerapan Discovery Learning Dalam pembelajaran IPASebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lentera Sains.
  30. Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.
  31. Wiriatmadya, Rochmiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia bekerja sama. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.