Main Article Content

Abstract

This research purpose to: describe the application of direct intructions models using the Geogebra application to improve learning achievement. This study uses classroom action research methods which are divided into three cycles. The class that was made for this study were VIII.e students totaling 21 students. Data collection techniques used in this study were obtained by observation for learning activities, while for learning achievement data using pre-test and post-test questions. The data obtained is then processed by calculating the average value for learning, and for learning achievement the data obtained is processed by looking for the average value and t-test formula. This study concludes that the application of direct intructions models uses the Geogebra application to improve accuracy and learning achievement.

Keywords

direct instructions model geogebra application accuracy and learning achievement

Article Details

How to Cite
Wahyudi, W., & Turdjai, T. (2021). APPLICATION OF DIRECT INTRUCTIONS MODEL USING GEOGEBRA APPLICATION TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2), 93–103. https://doi.org/10.33369/diadik.v8i2.17461

References

  1. Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
  3. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Hidayati, A.N. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
  6. Junianta, Paulus Dwi, 2016.“Penerapan pembelajaran matematika menggunakan aplikasi geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat- sifat tabung dan prisma kelas V SD Kanisius, Jetis Depok Sleman Yogyakarta Tahun 2014/2015” Universitas Sanata Dharma . Yogyakarta .
  7. Manab, Abdul . Penelitian Kualitatif ( Pendekatan Kualitatif ). Kalimedia. Yogyakarta. 2015.
  8. Minarto. Penggunaan aplikasi geogebra sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi fungsi kuadrat.
  9. Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20.
  10. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.
  11. Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan PenelitiPemula. Bandung: Alfabeta.
  12. Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
  13. Rocman, Fatkhoer M. 2016. Panduan Penggunaan Geogebra. Di Http //www.macthzone.web.id ( diakses pada tanggal 20 Mei 2018)
  14. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  15. Setiawan, Wawan.. 2010. Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).Jurnal Pendidikan. 3: 1-4.
  16. Simanjuntak, Yanto Leo. 2014. Pengaruh Penggunaan Software Goegebra Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran D Kelas XI SMA. Bangerejo.
  17. Sofiyah. 2010. Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  18. Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian ( Lengkap , Praktis, dan mudah dipahami). Pustaka Baru. Yogyakarta.
  19. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  20. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:Alfabeta.
  21. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  22. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
  23. Yonny, Acep, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Familia.