Main Article Content

Abstract

The purpose of this study was to describe the effect of using guided and conventional inquiry models on student achievement in sound material, To describe the effect of independence on student achievement in sound material,To describe the effect of increasing student learning achievement on sound material. In this study, a factorial design was used. The research subjects were fourth grade students at SD Negeri 72 Kota Pagaralam. The data collection techniques used in the study were assessment sheets and student test results. The data analysis used mean and t-test. The conclusions of this research are;There is a difference in learning achievement between students who follow guided inquiry learning models and those who take conventional learning,  There is an effect of guided inquiry learning model and independence on student learning achievement, There is an interaction effect between learning models and independence on student achievement

Keywords

Guided Inquiry Independence Learning Outcomes

Article Details

How to Cite
Wasono, W. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21344

References

  1. Alfathy R.M, H. Susanto, P. Marwoto. 2018. Penerapan aktivitas aesop’s berbantuan guidance worksheet 50 untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), Volume 2-Nomor 1, 2018.
  2. Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Anggraeni N.W, Ristiati N.P., Widiyanti N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.Bali e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Program Studi IPA.Volume 3 Tahun 2013
  4. Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.
  5. Chomaidi dan Salamah.2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah.PT. Grasindo.Jakarta
  6. Dedy Juliandri Panjaitan. 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan Metode pembelajaran langsung. Jurnal Matematic Paedegogic vol. 1 Vol I. No. 1, September 2016, hlm. 83 – 90 Available online at www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp. 29 Mei 2019.
  7. Eviyona L. Barus dan Ridwan A Sani. 2017. Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas x semester ii. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi e-issn 2549-8258, p-issn 2337-4624. 29 Mei 2019
  8. Hayati Inayah,Hasan Rusdi. 2018 Perbedaan Penguasaan Mahasiswwa Antara Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Kuliah Parasitolidi Di Akademi Analisis Kesehatan Bengkulu. Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Biologi Vol. 6 No. 1, Maret 2018 Hal.17-24
  9. Irham Falahudin, Indah Wigati, Ayu Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago,Kabupaten Banyuasin. Palembang. Jurnal Bioilmi Vol. 2 No. 2 Agustus 2016.
  10. Jumanta Hamdayana.2016.Metodologi Pengajaran.PT.Bumi Aksara.Jakarta
  11. Lie, Anita. 2004.Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas.PT.Grasindo.Jakarta
  12. Mulyani Qonita, Susilowati. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Word Square Dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 2 Nomor. 2 Tahun 2013
  13. Nurkhamid. 2014. Pengaruh Pembelajaran CTL Dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Tinjau dari Kreativitas Siswa dan Kemampuan Verbal.UNS.Solo
  14. Okmarisa Heppy, Ayi Darmana,Retno Dwi Suyanti. 2016 Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 8, No. 2, Agustus 2016, 130-135
  15. Siti Fitriah Nur dan Siti Khabibah. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (2)6: 2301-9085
  16. Sutopo, Masykuri Mohammad. 2016 Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Surakarta. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1, 2016 (hal 122-132 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains 1 Oktober 2018