Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Alfathy R.M, H. Susanto, P. Marwoto. 2018. Penerapan aktivitas aesop’s berbantuan guidance worksheet 50 untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), Volume 2-Nomor 1, 2018.
- Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Anggraeni N.W, Ristiati N.P., Widiyanti N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.Bali e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Program Studi IPA.Volume 3 Tahun 2013
- Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.
- Chomaidi dan Salamah.2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah.PT. Grasindo.Jakarta
- Dedy Juliandri Panjaitan. 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan Metode pembelajaran langsung. Jurnal Matematic Paedegogic vol. 1 Vol I. No. 1, September 2016, hlm. 83 – 90 Available online at www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp. 29 Mei 2019.
- Eviyona L. Barus dan Ridwan A Sani. 2017. Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas x semester ii. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi e-issn 2549-8258, p-issn 2337-4624. 29 Mei 2019
- Hayati Inayah,Hasan Rusdi. 2018 Perbedaan Penguasaan Mahasiswwa Antara Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Kuliah Parasitolidi Di Akademi Analisis Kesehatan Bengkulu. Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Biologi Vol. 6 No. 1, Maret 2018 Hal.17-24
- Irham Falahudin, Indah Wigati, Ayu Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago,Kabupaten Banyuasin. Palembang. Jurnal Bioilmi Vol. 2 No. 2 Agustus 2016.
- Jumanta Hamdayana.2016.Metodologi Pengajaran.PT.Bumi Aksara.Jakarta
- Lie, Anita. 2004.Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas.PT.Grasindo.Jakarta
- Mulyani Qonita, Susilowati. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Word Square Dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 2 Nomor. 2 Tahun 2013
- Nurkhamid. 2014. Pengaruh Pembelajaran CTL Dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Tinjau dari Kreativitas Siswa dan Kemampuan Verbal.UNS.Solo
- Okmarisa Heppy, Ayi Darmana,Retno Dwi Suyanti. 2016 Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 8, No. 2, Agustus 2016, 130-135
- Siti Fitriah Nur dan Siti Khabibah. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (2)6: 2301-9085
- Sutopo, Masykuri Mohammad. 2016 Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Surakarta. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1, 2016 (hal 122-132 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains 1 Oktober 2018
References
Alfathy R.M, H. Susanto, P. Marwoto. 2018. Penerapan aktivitas aesop’s berbantuan guidance worksheet 50 untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), Volume 2-Nomor 1, 2018.
Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anggraeni N.W, Ristiati N.P., Widiyanti N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.Bali e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Program Studi IPA.Volume 3 Tahun 2013
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Ar-Ruzz Media.Yogyakarta.
Chomaidi dan Salamah.2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah.PT. Grasindo.Jakarta
Dedy Juliandri Panjaitan. 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan Metode pembelajaran langsung. Jurnal Matematic Paedegogic vol. 1 Vol I. No. 1, September 2016, hlm. 83 – 90 Available online at www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp. 29 Mei 2019.
Eviyona L. Barus dan Ridwan A Sani. 2017. Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas x semester ii. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi e-issn 2549-8258, p-issn 2337-4624. 29 Mei 2019
Hayati Inayah,Hasan Rusdi. 2018 Perbedaan Penguasaan Mahasiswwa Antara Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Based Instruction (PBI) Pada Mata Kuliah Parasitolidi Di Akademi Analisis Kesehatan Bengkulu. Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Biologi Vol. 6 No. 1, Maret 2018 Hal.17-24
Irham Falahudin, Indah Wigati, Ayu Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago,Kabupaten Banyuasin. Palembang. Jurnal Bioilmi Vol. 2 No. 2 Agustus 2016.
Jumanta Hamdayana.2016.Metodologi Pengajaran.PT.Bumi Aksara.Jakarta
Lie, Anita. 2004.Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas.PT.Grasindo.Jakarta
Mulyani Qonita, Susilowati. 2013. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tgt (Teams Games Tournament) Dengan Permainan Word Square Dan Crossword Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 2 Nomor. 2 Tahun 2013
Nurkhamid. 2014. Pengaruh Pembelajaran CTL Dengan Inkuiri Bebas Termodifikasi dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Tinjau dari Kreativitas Siswa dan Kemampuan Verbal.UNS.Solo
Okmarisa Heppy, Ayi Darmana,Retno Dwi Suyanti. 2016 Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 8, No. 2, Agustus 2016, 130-135
Siti Fitriah Nur dan Siti Khabibah. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (2)6: 2301-9085
Sutopo, Masykuri Mohammad. 2016 Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Surakarta. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 5, No. 1, 2016 (hal 122-132 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains 1 Oktober 2018