https://ejournal.unib.ac.id/diadik/issue/feed Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2023-12-11T22:21:12+00:00 Buyung diadik.fkip@unib.ac.id Open Journal Systems <p>Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi pendidikan.</p> <p><a title="p-ISSN Diadik" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1324523892" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN 2089-483x</a></p> <p><a title="e-ISSN Diadik" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/1544789102" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2655-8130</a></p> https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31537 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T04:53:09+00:00 Alyna momelynsmkn1@gmail.com Buyung buyung@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model <em>Problem Based Learning (PBL) </em>untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPPW kelas XII UPW di SMKN 1 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilanjutkan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII UPW 1 SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah berjumlah 32 siswa, sedangkan kelas XII UPW 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas XII UPW 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model <em>Problem Based Learning (PBL)</em> dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar serta efektifitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Perencanaan pengelolaan perjalanan wisata kelas XII UPW SMKN 1 Kota Bengkulu</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31539 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T05:25:42+00:00 Sherly Paulina Sihite sherlypaulina81@gmail.com Johanes Sapri johanessapri@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Snowball Throwing </em>untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Empat Lawang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Empat Lawang adalah 30 siswa sedangkan populasi dan sampelnya adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen adalah 30 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol adalah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel total dengan metode observasi menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis, serta tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan jenis datanya dimana data kualitatif dianalis secara kualitatif dan data kuantitatif dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji-t sampel berpasangan untuk kelas PTK dan sampel independen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus di kelas XI IPS 1, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan selama penerapannya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>snowball throwing </em>dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Empat Lawang</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31540 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T05:31:56+00:00 Yuliza Andriyani Siregar yulizaa.siregar@gmail.com Riyanto riyanto@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Bermain Peran untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif semester V STIKes Bhakti Husada Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Peneliatian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kombinasi (<em>Mixed Method Research</em>) yang merupakan gabungan penelitian kaji tindakan <em>(Action Research) </em>dan penelitain eksperimen <em>(Eksperiment Research)</em>. Tahap penelitian adalah 1) Tahap Perencanaan, 2) Tahap Implementasi, 3) Tahap Observasi 4) Tahap Refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas VA semester ganjil tahun 2021/2022 STIKes Bhakti Husada Bengkulu. Jumlah mahasiswa dalam kelas PTK berjumlah 25 orang, kelas experimen 25 orang dan kelas kontrol 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes, analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-<em> t</em> yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Bermain Peran dapat meningkatkan kepercayaan diri, prestasi belajar pada mata kuliah Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif Semester V STIKes Bhakti Husada Bengkulu</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31541 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PARTISIPASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T05:39:00+00:00 Riska Malini maliniriska28@gmail.com Bayu Insanistyo bayuinsanistyo@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT , (2) interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi terhadap prestasi belajar, (3) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang memiliki partisipasi tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT, dan (4) perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang memiliki partisipasi rendah yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 67 Lebong tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara <em>purposive</em> dan undian dengan peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk prestasi belajar menggunakan metode tes, dan untuk partisipasi menggunakan angket. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur dengan bantuan SPSS. Hasil pengolahan data disimpulkan: (1) prestasi belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari TGT, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi terhadap prestasi belajar, (3) prestasi belajar peserta didik dengan partisipasi tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari TGT dan (4) prestasi belajar peserta didik dengan partisipasi rendah yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih rendah dari TGT.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31542 PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T05:52:10+00:00 Sofi Purnama Destari Sofipdestari030@gmail.com Alexon alexon@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp; mengembangkan seperangkat asesmen kinerja untuk mengukur keterampilan proses sains siswa yang layak serta valid pada praktikum suhu dan perubahannya. Penelitian&nbsp; ini merupakan jenis penelitian <em>research and development</em> dengan 2 kali uji lapangan yaitu uji coba terbatas dan uji luas. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 05 Lebong kelas 7B sebagai sampel uji coba terbatas, SMPN 15 Lebong kelas 7B, SMPN 12 Lebong sebagai sampel uji luas. Validasi desain dilakukan dengan uji&nbsp; validasi oleh ahli&nbsp; ditinjau dari aspek materi, isi, bahasa dengan rata-rata kelayakan yang didapatkan sebesar 0,85 dan dinyatakan valid pada uji validasi. Hasil uji coba observasi keterampilan proses sains (KPS) pada uji coba terbatas dan uji luas mendapatkan persentase skor 81,11% untuk uji coba terbatas, dan 81,39% untuk uji luas. Adapun persentase performance asesssment (asesmen kinerja) di ketiga sekolah mendapatkan rata-rata presntase skor yang baik yaitu sebesar 80,25%.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31543 PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T06:24:50+00:00 Tonsri komunikasidaring@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan <em>Blended Learning </em>untuk meningkatkan kemandirian &nbsp;belajar TPAV&nbsp; siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (2) Mendeskripsikan penerapan <em>Blended Learning</em> dapat meningkatkan prestasi belajar TPAV&nbsp; siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan <em>Blended Learning</em> agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian dilaksanakan dengan mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran obsevasi untuk mengukur proses pembelajaran dan kemandirian belajar siswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-test. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MM1&nbsp; sebagai kelas PTK. Penelitian &nbsp;ini menghasilkan kesimpulan: (1) penerapan model <em>blended learning</em> dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) penerapan model <em>blended learning</em> dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) penerapan model <em>blended learning</em>&nbsp; efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran TPAV</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31544 PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK 2023-12-11T06:29:33+00:00 Widita Sebayuri Setia widitasetia@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan e-modul berbasis <em>discovery learning</em> untuk meningkatkan literasi sains peserta didik, (2) kelayakan e-modul berbasis <em>discovery learning</em> untuk meningkatkan literasi sains peserta didik, (3) efektifitas e-modul berbasis <em>discovery learning</em> dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (<em>R&amp;D</em>) dengan menggunakan lima tahapan model pengembangan <em>ADDIE</em>, yaitu 1) <em>analyze</em>, 2<em>) design</em>, 3) <em>development,</em> 4) <em>Implementation,</em> dan 5) <em>evaluation</em>. Subjek pada penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Lebong untuk uji coba skala terbatas dan 60 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Lebong untuk uji coba skala luas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah lembar penilaian, angket, dan tes literasi sains. Data dianalisis secara kuantitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) e-modul berbasis <em>discovery learning</em> dikembangkan melalui tahapan ADDIE, (2) e-modul berbasis <em>discovery learning</em> yang dikembangkan layak dalam meningkatkan literasi sains peserta didik kelas VIII, (3) e-modul berbasis <em>discovery learning</em> yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas VIII berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba skala luas.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31545 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T06:33:35+00:00 Eka Novianti downvy.2013@gmail.com Bambang Sahono bsahono@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis <em>software moodle </em>untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar kelas XI. MIPA di SMA Negeri Muara Enim. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development). </em>Prosedur pengembagan pada penelitian ini menggunakan prosedur ADDIED (<em>Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation and Disseminate)</em>. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA A SMA Negeri 3 Muara Enim dan siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Muara Enim. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian (rating scale) dan lembar penilaian&nbsp; tes. Analisis data menggunakan nilai rata-rata (<em>mean</em>) dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis <em>software moodle </em>&nbsp;dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar biologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Muara Enim</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31551 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DAN KOGNITIF 2023-12-11T09:53:42+00:00 Dwi Rulismi wierulismi02@gmail.com Nina Kurniah ninakurniah@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode <em>Research and Development&nbsp; &nbsp;</em>(R&amp;D)&nbsp; &nbsp;Sugiyono&nbsp; &nbsp;dengan&nbsp;&nbsp; 10&nbsp; &nbsp;langkah&nbsp; &nbsp;pengembangan. Sampel penelitian ini untuk uji coba skala terbatas terdiri dari 2 orang guru dan 1 kelas anak kelompok B1 yang berjumlah 15 orang. Untuk uji skala luas yang terdiri dari 2 orang guru dengan 2 kelas anak kelompok B1 dan B2 yang berjumlah 30 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan teslisan. Teknis analisis data menggunakan <em>skor </em>rata-rata, <em>persentase </em>dan <em>t-tes. </em>Disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak berdasarkan uji terbatas dan uji luas. Dan model pengembangan efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak&nbsp; secara signifikan, meningkatkan kemampuan bahasa dan kognitif anak, seperti terlihat pada thitung &gt; ttabel</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31552 PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T10:13:55+00:00 Nupajarmansyah nupajarmansyahpajar@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untk mendeskripsikan penerapan dan efektifitas penerapan <em>model problem based learning </em>(PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran matematika siswa kelas VII MTsN 4 Kaur yaitu VIIA yaitu 23 orang yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 12 orang laki-laki, kelas VIIB yaitu 23 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 13 orang laki-laki dan kelas VIIC yaitu 23 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Pendekatan&nbsp; &nbsp;dalam&nbsp;&nbsp; penelitian&nbsp; &nbsp;ini&nbsp; &nbsp;menggunakan&nbsp; &nbsp;kombinasi&nbsp; &nbsp;jenis&nbsp; &nbsp;Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan quasi eksperimen. Subjek peneltian yaitu siswa kelas VII MTsN 4 kaur. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis mean dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 prestasi belajar siswa belum tuntas atau belum sesuai KKM, hal ini dipengaruhi oleh belum maksimalnya guru dalam menerapkan model <em>problem based learning</em>. Namun setelah beberapa kali perbaikan dan melakukan refleksi setiap siklusnya, pada siklus 3 prestasi belajar siswa meningkat menjadi tuntas dan telah mencapai KKM. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menerapkan model <em>problem based learning </em>(ekperimen) dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran non <em>problem based learning </em>(control).</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31553 PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS SOFTWARE FLIPBOOKS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI LAHAT 2023-12-11T10:20:19+00:00 Laila Ganjar Qadarwati laila.ganjarqadarwati@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan <em>e-magazine </em>berbasis <em>software flipbooks</em> yang layak dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar geografi dan mendeskripsikan efektifitas <em>e-magazine </em>berbasis <em>software flipbooks</em> yang dikembangkan dapat meningkatkan&nbsp; kemandirian dan prestasi belajar geografi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan <em>(Research and Development)</em>. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri&nbsp; Lahat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar observasi, lembar penilaian dan tes prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini adalah <em>e-magazine</em> berbasis <em>software flipbooks</em> yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan&nbsp; <em>e-magazine</em> berbasis <em>software flipbooks</em> yang dikembangkan yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan kemandiran dan&nbsp; prestasi belajar geografi pada siswa kelas XI SMA Negeri&nbsp; Lahat</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31554 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T10:25:41+00:00 Clara Erindha Chris Gayuarsita mamaircia83@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas VIII SMP Santo Yosef Lahat dengan menerapkan pembelajaran berbasis aplikasi <em>Quizizz</em>. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan 3 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B untuk kelas PTK, kelas eksperimen peserta didik kelas VIII A, dan kelas kontrol peserta didik kelas VIII C. Pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar hasil tes peserta didik. Data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif, nilai rata-rata <em>(mean)</em>, presentase, dan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis aplikasi <em>Quizizz</em> dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Santo Yosef Lahat</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31555 PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA 2023-12-11T10:40:50+00:00 Rolly Afrianti roliaprianti3004@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa, untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik <em>purposive sampling</em> diperoleh sampel penelitian tindakan kelas adalah kelas XII MIPA 1, dan kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 2 serta kelas kontrol adalah kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 4 Lahat. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dan prestasi belajar pada mata pelajaran Biologi Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat. Penerapan keterampilan proses lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31557 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA 2023-12-11T10:45:28+00:00 Sri Hartati hartati801@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel bebas model pembelajaran, variabel moderator kemampuan awal, dan variabel terikat prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 5 Mukomuko. Sampel diambil dengan teknik <em>Purposive Random Sampling. </em>Hasil penelitian diolah dengan teknik statistik Anava Dua Jalur dan uji t. Hasil penelitian : (1) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar pada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran <em>PBL</em> dan yang dengan model pembelajaran <em>DI</em>. (2) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar antara peserta didik berkemampuan awal tinggi dengan peserta didik berkemampuan awal rendah. (3) terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan awal&nbsp; peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. (4) terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi yang belajar dengan model pembelajaran <em>PBL </em>dan dengan model pembelajaran langsung. (5) tidak terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar peserta didik berkemampuan awal rendah antara belajar dengan model pembelajaran <em>PBL </em>dibandingkan dengan belajar dengan model pembelajaran langsung.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31558 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T12:36:04+00:00 Yudiarti Pebrinita Yudit2541@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan untuk meningkatkan kepedulian dan 2) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Agribisnis Tanaman Sayuran di kelas XII ATPH SMK Negeri 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII ATPH tahun ajaran 2022/2023 pada semester 1 berjumlah 17 orang. Pada variabel penerapan model simulasi berbasis kewirausahaan, teknik pengumpulan data kepedulian peserta didik dilakukan dengan observasi dan variabel prestasi belajar dengan tes. Analisis data menggunakan nilai rata-rata dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan dapat meningkatkan kepedulian peserta didik; 2) Penerapan model pembelajaran simulasi berbasis kewirausahaan secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31559 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOFERATIF TIPE TIME TOKEN MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T12:39:41+00:00 Lediana lediana669@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar studi pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Lahat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 2 semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII MIPA 3 dan kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan secara signifikan partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 2 lahat</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31560 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI (SELF-CONCEPT) DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T12:43:53+00:00 Marta Beni Widianti martaagnes554@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangan konsep diri dalam pembelajaran&nbsp; kimia siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat; (2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat &nbsp;meningkatkan prestasi belajar kimia siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Lahat. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan lembaran observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan konsep dirirsiswa dan untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MIPA 5 sebagai kelas PTK. Penelitian &nbsp;ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengembangkan konsep diri siswa, (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran kimia</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31561 PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MENGGUNAKAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KASAR 2023-12-11T12:53:25+00:00 Yeni Puji Astuti yenipujiastuti@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas mengunakan bahan alam untuk meningkatkan motorik halus dan kasar pada anak kelompok B di TK Witri Seluma dan untuk mendeskripsikan efektivitas metode pemberian tugas mengunakan bahan alam untuk meningkatkan motorik halus dan kasar pada anak kelompok B di TK Witri Seluma. Metode penelitian adalah penelitian PTK dan Kuasi Eksperimen. Subyek dalam penelitian PTK adalah anak Kelompok B1 TK Witri Seluma yang berjumlah 10 orang. Sedangkan sampel untuk kelompok eksperimen adalah kelompok B2 berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol adalah kelompok B3 yang berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Teknik analisa data dengan analisis rata-rata dan t tes. Hasil penelitian dapat mengungkapkan bahwa penerapan metode pemberian tugas berbahan alam efektif dalam meningkatkan motorik halus dan motorik kasar</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31562 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR 2023-12-11T13:03:18+00:00 Angga Nugraha bklangga@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok dari pada individu, (2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajarnya visual dibandingkan dengan auditori, (3) pengaruh interkasi gaya pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki&nbsp; gaya belajar visual dengan PBL kelompok dan individu dan (5) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajar auditori yang belajar dengan PBL secara kelompok dan individu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik semestar IV yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara <em>rendom sampling</em> kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur. Hasil pengolahan data disimpulkan : (1) Prestasi belajar mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok lebih tinggi dari pada individu, (2) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan auditori (3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual PBL secara kelompok lebih tinggi dari pada individu (5) Tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori yang mengikuti pembelajaran dengan PBL secara kelompok dengan secara individu</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31563 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEMORIZATION UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA 2023-12-11T13:09:57+00:00 Hinda Deici Saputri adekzhafina@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>Memorization</em> dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. 2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran <em>Memorization</em> dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. 3) untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran <em>Memorization</em> dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakkan kelas yang dipadukan dengan kuasi eksperimen. Subyek penelitian ini dalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP N 13 Kota Bengkulu sebagai kelas PTK dan Kelas eksperimen. Sedangkan kelas VIIC SMP N 13 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Penerapan model <em>Memorization</em> dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan daya ingat Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu, 2) Penerapan model<em> Memorization</em> dalam pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan prestasi belajar Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu, 3) Penerapan model <em>Memorization</em> efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris Peserta didik kelas VII SMP N 13 Kota Bengkulu.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31564 STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ERA PANDEMI COVID 19 DI SDIT IQRA’2 KOTA BENGKULU 2023-12-11T13:14:53+00:00 Achmad Sukran Dinata achmadsukrandinata@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Standar BDR sesuai Surat Edaran Kemendikbud No.15 Tahun 2020 pada pelaksanaan pembelajaran Matematika Di SDIT Iqra’2 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini digunakan model evaluasi <em>discrepancy</em>. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dalam pelaksanaan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran daring (aspek pengetahuan) di era pandemi covid 19. Data dikumpulkan dengan instrumen yang dimodifikasi dari instrumen Standar BDR sesuai Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.15 Tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi langsung dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Standar BDR sesuai Surat Edaran Sekjen Kemendikbud No.15 Tahun 2020 pada pelaksanaan pembelajaran Matematika Era Pandemi Covid 19 Di SDIT Iqra’2 Kota Bengkulu berada pada kriteria sangat baik</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31568 PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAKET C DI PKBM RAHMAHT OSHADA KOTA BENGKULU 2023-12-11T22:03:19+00:00 Andria Egi egiandria11@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripikan penerapan prinsip orang dewasa memiliki konsep diri dalam proses pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada. &nbsp;2) Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akumulasi pengalaman. 3)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kesiapan belajar. 4)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip pemanfaatan hasil belajar. 5)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kemampuan belajar. 6)Untuk mendeskripsikan penerapan prinsip belajar efektif. 7)untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Desan penelitian yang digunakkan peneliti pada penelitian ini adalah desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran paket c di PKBM Rahmaht Oshada.&nbsp; Subjek/&nbsp; Responden&nbsp; pada&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; yaitu&nbsp; Ketua&nbsp; PKBM&nbsp; Rahmaht Oshada,&nbsp; Tenaga&nbsp; Pengajar/&nbsp; Tutor&nbsp; dan&nbsp; peserta&nbsp; didik&nbsp; program&nbsp; Paket&nbsp; C&nbsp; PKBM Rahmaht Oshada.teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memuat tentang deskripsi penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam proses pembelajaran paket c di Pkbm Rahmaht Oshada. Pada Proses Pembelajaran packet C yang dilaksanakan PKBM Rahmaht Oshada Kota Bengkulu telah menerapkan Prinsip- prinsip andragogy, yaitu prinsip konsep diri, prisip akumulasi pengalaman, prinsip kesiapan&nbsp; belajar,&nbsp; prinsip&nbsp; memanfaatkan&nbsp; hasil,&nbsp; prinsip&nbsp; kemampuan&nbsp; belajar&nbsp; dan belajar efektif, serta memanfaatkan faktor pendukung dan meminimalisir faktor penghambat dalam proses pembelajaran</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31569 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPELLING PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASANVISUAL SPASIAL DAN LOGIKA MATEMATIS ANAK USIA DINI 2023-12-11T22:08:53+00:00 Maya Lasuka Mayalasuka@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media <em>spelling puzzle&nbsp; &nbsp;</em>untuk meningkatkan kecerdasan <em>visual spasial </em>dan logika matematis, menguji efektivitas media <em>spelling puzzle </em>yang dikembangkan&nbsp; &nbsp;dalam meningkatkan kecerdasan <em>visual spasial </em>dan logika matematis. Subjek penelitian ini adalah anak PAUD Kelompok A, pada uji skala terbatas subjeknya adalah PAUD IT Al Kahf Kota Bengkulu berjumlah 10 anak, dan pada uji skala luas subjeknya PAUD IT Cahaya Ilahi Kota Bengkulu dan PAUD IT IQRA Kota Bengkulu berjumlah 20 anak<em>. </em>Metode Penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (<em>Research and Development </em>-R&amp;D). Pengambilan data penelitian dengan menggunakan lembar penilaian untuk menilai validasi media dan materi, &nbsp;lembar observasi digunakan untuk menilai kecerdasan <em>visual spasial </em>dan logika matematis. Analisis data menggunakan rumus rata- rata (<em>mean) </em>dan menggunkan Uji-t &nbsp;untuk meilai kecerdasan &nbsp;<em>visual spasial </em>dan logika matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media <em>spelling puzzle </em>sebagai media belajar dapat meningkatkan kecerdasan <em>visual spasial </em>dan logika matematis</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31570 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA 2023-12-11T22:15:13+00:00 Yanti yantiariwibowo71@gmail.com <p>Tujuan&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; untuk&nbsp; mendeskripsikan&nbsp; penerapan&nbsp; model&nbsp; pembelajaran&nbsp; inkuiri terbimbing&nbsp; dalammeningkatan&nbsp; kemampuan&nbsp; mengingat&nbsp; dan&nbsp; prestasi&nbsp; belajar&nbsp; serta&nbsp; untuk mendeskripsikan&nbsp; efektivitas&nbsp; penerapan&nbsp; model&nbsp; pembelajaran&nbsp; inkuiri&nbsp; terbimbing&nbsp; dalam&nbsp; meningkatan prestasi&nbsp; belajar&nbsp; pada&nbsp; pembelajaran&nbsp; IPA&nbsp; kelas&nbsp; V&nbsp; SD&nbsp; Negeri&nbsp; 96&nbsp; Kaur.&nbsp; Metode&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dan&nbsp; quasi eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V B SD Negeri 96 Kaur sebagai kelas PTK, siswa kelas V A SD Negeri 96 Kaur sebagai kelas eksperimen dan siswa&nbsp; kelas&nbsp; kelas&nbsp; V&nbsp; yang&nbsp; berada&nbsp; di&nbsp; SD&nbsp; Negeri&nbsp; 77&nbsp; Kaur&nbsp; sebagai&nbsp; kelas&nbsp; kontrol.&nbsp; Teknik&nbsp; pengumpulan data&nbsp; menggunakan&nbsp; lembar&nbsp; observasi&nbsp; dan&nbsp; tes.&nbsp; Teknik&nbsp; analisis&nbsp; data&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; adalah&nbsp; rata-rata (mean)&nbsp; dan&nbsp; uji&nbsp; t&nbsp; dua&nbsp; sampel&nbsp; berpasangan&nbsp; serta&nbsp; independen.&nbsp; Hasil&nbsp; penelitian&nbsp; menunjukkan&nbsp; bahwa penerapan&nbsp; model&nbsp; pembelajaran&nbsp; inkuiri&nbsp; terbimbingdapatmeningkatan&nbsp; kemampuan&nbsp; mengingat&nbsp; dan prestasi&nbsp; belajar&nbsp; pada&nbsp; pembelajaran&nbsp; IPA&nbsp; kelas&nbsp; V&nbsp; SD&nbsp; Negeri&nbsp; gugus&nbsp; 1&nbsp; Kaur.&nbsp; Penerapan&nbsp; model&nbsp; inkuiri terbimbing&nbsp; dapat&nbsp; lebih&nbsp; efektif&nbsp; jika&nbsp; guru&nbsp; dapat&nbsp; melibatkan&nbsp; siswa&nbsp; secara&nbsp; keseluruhan,memanfaatkan media pembelajaran yang tepat, dan mengorganisasikan kelas dengan baik</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/31571 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU 2023-12-11T22:21:12+00:00 Miranti Milani mirantimilani05@gmail.com <p>Penelitian&nbsp; ini&nbsp; bertujuan&nbsp; untuk&nbsp; mendeskripsikan&nbsp; Pelaksanaan Pembelajaran&nbsp; dengan Pendekatan&nbsp; Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di PAUD&nbsp; IT&nbsp; UMMI&nbsp; Kota&nbsp; Bengkulu,&nbsp; Jenis&nbsp; Penelitian&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara,&nbsp; observasi,&nbsp; dan&nbsp; dokumentasi.&nbsp; Adapun&nbsp; sumber &nbsp;data&nbsp; yang&nbsp; yaitu kepala&nbsp; sekolah&nbsp; dan&nbsp; guru-guru&nbsp; disetiap&nbsp; sentra&nbsp; pembelajaran&nbsp; di&nbsp; PAUD&nbsp; IT&nbsp; UMMI dan&nbsp; dokumentasi&nbsp; berupa&nbsp; perangkat&nbsp; pembelajaran&nbsp; yang&nbsp; digunakan&nbsp; dikelas&nbsp; dan sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data mencatat hasil wawancara&nbsp; dengan&nbsp; kepala&nbsp; sekolah&nbsp; dan&nbsp; guru&nbsp; sentra,&nbsp; mencatat&nbsp; melakukan pengkodean&nbsp; terhadap&nbsp; data&nbsp; sesuai&nbsp; dengan&nbsp; informasi&nbsp; yang&nbsp; diberikan&nbsp; informan, display&nbsp; data&nbsp; menguraikan&nbsp; hasil&nbsp; wawancara&nbsp; dengan&nbsp; kepala&nbsp; sekolah&nbsp; berserta guru&nbsp; sentra&nbsp; dan&nbsp; verifikasi&nbsp; data&nbsp; memikirkan&nbsp; ulang&nbsp; data&nbsp; observasi&nbsp; dan&nbsp; temuan dilapangan&nbsp; agar&nbsp; dapat&nbsp; menarik&nbsp; kesimpulan&nbsp; dari&nbsp; hasil&nbsp; penelitian&nbsp; yang&nbsp; telah dilakukan.&nbsp; Hasil&nbsp; dari&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; mendeskripsikan&nbsp; pelaksanaan&nbsp; pembelajaran dengan&nbsp; pendekatan&nbsp; BCCT&nbsp; di&nbsp; PAUD&nbsp; IT&nbsp; UMMI&nbsp; Kota&nbsp; Bengkulu&nbsp; mendasarkan kegiatan&nbsp; pada&nbsp; pijakan&nbsp; yaitu&nbsp; pemberian&nbsp; dukungan&nbsp; yang&nbsp; diberikan&nbsp; oleh&nbsp; guru pada&nbsp; peserta&nbsp; didik&nbsp; yang&nbsp; disesuaikan&nbsp; dengan&nbsp; tingkat&nbsp; perkembangan&nbsp; anak. tugas&nbsp; guru&nbsp; adalah&nbsp; sebagai&nbsp; fasilitator,&nbsp; kordinator,&nbsp; evaluator&nbsp; inspirator, mediator, labelling dan modelling bagi peserta didik</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023