Main Article Content

Abstract

Model pembelajaran learning cycle 5E melalui peta pikir digunakan untuk masalah pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus dalam penerapannya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model learning cycle 5E melalui peta pikir oleh guru siswa. Penilaian pemahaman konsep menggunakan instrumen pembuatan peta pikir dan  hasil tes ketuntasan belajar klasikal dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model  Learning Cycle 5E Melalui Peta Pikir untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran, pemahaman konsep, dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Nengeri 32 Bengkulu Tengah.

Keywords

Learning Cycle 5E concept understanding the results of the study

Article Details

How to Cite
Harneli, M. H., Koto, I. K., & Winarni, E. W. (2019). PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E MELALUI PETA PIKIR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 137–147. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.10610

References

  1. Amaliyah Rifatul , Siti Zubaidah, Umie Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang E-mail: rifatulamaliyah@yahoo.co.id
  2. https://www.researchgate.net/publication/322286282_
  3. Evrekli, E., Günay, A., & Bal, Õ. (2010). Development of a scoring system to assess mind maps, 2, 2330–2334.
  4. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.331
  5. Fatimah Nurmala Sari1, Herawati Susil. 2016. Penggunaan Peta Pikira (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang 65145, HP/Telp. 087859518497 dan 08123271741 e-mail: Fatimah.nurmalasari@yahoo.com; herawati_susilo@yahoo.com
  6. Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, (Online), 10(1): 79-88 (http://repository.unib.ac.id), diakses 2 Oktober 2015.
  7. Hargiono, Maridi, Bowo Sugiharto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Disertai Mind Map Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.
  8. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia *Corresponding Author: argicha45@gmail.com
  9. Minasari Wiwik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
  10. https://repository.ar-raniry.ac.id/2176/1/Wiwik%20Minasari.pdf
  11. Patimah, S. (2014). Hubungan Mitivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 18/I Desa Teluk. Artikel Penelitian Tidak Dipublikasikan. Universitas Jambi, Jambi. Dipetik Juny 1, 2016, dari
  12. http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109200.pdf
  13. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  14. Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  15. Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map, Harper Collins Publisher. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  16. Dasari, D. 2002. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Proceeding Seminar Nasional 5 Agustus 2002
  17. Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  18. Fajaroh, Fauziatul dan I Wayan Dasna. 2007. Pembelajaran Dengan Model Learning Cycle
  19. Permatasari Dea, Hairida, Sartika Rody Putra. 2016. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
  20. Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.
  21. Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  22. Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta
  23. Tjandra & dkk.2005.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
  24. Winarni, (2012). Inovasi pembelajaran IPA. Bengkulu, FKIP Unib Pres. (4)151-155
  25. Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Malang: Bumi Aksar