Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran learning cycle 5E melalui peta pikir digunakan untuk masalah pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 32 Bengkulu Tengah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus dalam penerapannya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model learning cycle 5E melalui peta pikir oleh guru siswa. Penilaian pemahaman konsep menggunakan instrumen pembuatan peta pikir dan hasil tes ketuntasan belajar klasikal dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 5E Melalui Peta Pikir untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran, pemahaman konsep, dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Nengeri 32 Bengkulu Tengah.
Keywords
Article Details
References
- Amaliyah Rifatul , Siti Zubaidah, Umie Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang E-mail: rifatulamaliyah@yahoo.co.id
- https://www.researchgate.net/publication/322286282_
- Evrekli, E., Günay, A., & Bal, Õ. (2010). Development of a scoring system to assess mind maps, 2, 2330–2334.
- http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.331
- Fatimah Nurmala Sari1, Herawati Susil. 2016. Penggunaan Peta Pikira (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang 65145, HP/Telp. 087859518497 dan 08123271741 e-mail: Fatimah.nurmalasari@yahoo.com; herawati_susilo@yahoo.com
- Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, (Online), 10(1): 79-88 (http://repository.unib.ac.id), diakses 2 Oktober 2015.
- Hargiono, Maridi, Bowo Sugiharto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Disertai Mind Map Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.
- Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia *Corresponding Author: argicha45@gmail.com
- Minasari Wiwik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
- https://repository.ar-raniry.ac.id/2176/1/Wiwik%20Minasari.pdf
- Patimah, S. (2014). Hubungan Mitivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 18/I Desa Teluk. Artikel Penelitian Tidak Dipublikasikan. Universitas Jambi, Jambi. Dipetik Juny 1, 2016, dari
- http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109200.pdf
- Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map, Harper Collins Publisher. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
- Dasari, D. 2002. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Proceeding Seminar Nasional 5 Agustus 2002
- Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Fajaroh, Fauziatul dan I Wayan Dasna. 2007. Pembelajaran Dengan Model Learning Cycle
- Permatasari Dea, Hairida, Sartika Rody Putra. 2016. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
- Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.
- Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta
- Tjandra & dkk.2005.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
- Winarni, (2012). Inovasi pembelajaran IPA. Bengkulu, FKIP Unib Pres. (4)151-155
- Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Malang: Bumi Aksar
References
Amaliyah Rifatul , Siti Zubaidah, Umie Lestari. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang E-mail: rifatulamaliyah@yahoo.co.id
https://www.researchgate.net/publication/322286282_
Evrekli, E., Günay, A., & Bal, Õ. (2010). Development of a scoring system to assess mind maps, 2, 2330–2334.
http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.331
Fatimah Nurmala Sari1, Herawati Susil. 2016. Penggunaan Peta Pikira (Mind Mapping) Sebagai Instrumen Penilaian Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Berbasis Lesson Study Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang 65145, HP/Telp. 087859518497 dan 08123271741 e-mail: Fatimah.nurmalasari@yahoo.com; herawati_susilo@yahoo.com
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, (Online), 10(1): 79-88 (http://repository.unib.ac.id), diakses 2 Oktober 2015.
Hargiono, Maridi, Bowo Sugiharto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Disertai Mind Map Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36 A, Surakarta, 57126, Indonesia *Corresponding Author: argicha45@gmail.com
Minasari Wiwik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh
https://repository.ar-raniry.ac.id/2176/1/Wiwik%20Minasari.pdf
Patimah, S. (2014). Hubungan Mitivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 18/I Desa Teluk. Artikel Penelitian Tidak Dipublikasikan. Universitas Jambi, Jambi. Dipetik Juny 1, 2016, dari
http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109200.pdf
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2011. Buku Pintar Mind Map, Harper Collins Publisher. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Dasari, D. 2002. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Proceeding Seminar Nasional 5 Agustus 2002
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajaroh, Fauziatul dan I Wayan Dasna. 2007. Pembelajaran Dengan Model Learning Cycle
Permatasari Dea, Hairida, Sartika Rody Putra. 2016. Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Qarareh, A. O. 2012. The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal Education Science. 4(2): 123-132.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Tjandra & dkk.2005.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Winarni, (2012). Inovasi pembelajaran IPA. Bengkulu, FKIP Unib Pres. (4)151-155
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Malang: Bumi Aksar