Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
- Abidin, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi: Startegi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
- Aqib, Zainal. 2013. Model-model, media, dan startegi pembelajaran konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
- Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Bassano, Mary. dkk. 2015. Terapi Musik & Warna. Cara Dasyat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia. Yogjakarta: Araska.
- Buanata, Murti. 2004. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Pustaka Tangga.
- Campbell, Linda. dkk. 2002. Multiple Intelligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. (Alih Bahasa: Tim Inisiasi). Depok: Inisiasi Pers.
- Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. New Britain: CCSU New Release. (Web). https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data. Diakses tanggal 12 Februari 2018.
- Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iain-lain. Jakarta: Grafiti.
- Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
- Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
- Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
- Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
- Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
- Fajri, EM Zul. Senja, Aprilia Ratu. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Semarang: Difa Publishers.
- Harijanto, M. 2007. “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar”. Jurnal Didaktika Vol. 2 No. 1 Maret 2007 Hal 216-226
- Jalilehvand, M. 2012. “The Effects of Text Length and Picture on Reading Comprehension of Iranian EFL Student”. Canadian Center of Science and Education. Vol 8. No 3. Hal 329-337.
- Karwono, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pres.
- Lestari, Hera. dkk. 2009. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Merc, ali. 2013. The effect of comic strips on EFL reading comprehension. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Volume: 4 Issue: 1 Article: 05 ISSN 1309-6249.
- Muktadir, Agustrianto. 2014. Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No.3 Hal 318-331.
- Olajide, Stephen Billy. 2010. Folklore and Culture as Literacy Resources for National Emancipation. English Education Unit, Department of Arts & Social Sciences Education. Vol. 3, No. 2; Pg. 200-205.
- Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Rahim,dkk. 2017. Dissemination of Values and Culture through the E-Folklore. The Turkish Online Journal of Educational Technology – January 2017, Volume 16 issue 1.
- Rahmanto, B. 2008. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
- Santosa, Puji. 2010. Materi Pokok Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Setiawan, Denny. dkk. 2009. Materi Pokok Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugihastuti, 2007. Teori Apresiasi sastra. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
- Suroso, 2010. Smart Brain, Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori. Surabaya: SIC.
- Programme for International Student Assessment (PISA). 2015. PISA 2015 Result in Focus. (pdf file). https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses pada 12 Februari 2018.
- Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2014. Instrumen dan Rubrik B1 Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (pdf file). http://puskurbuk.net/web13/penilian-buku-nonteks-pelajaran. html. Diakses pada 2 Maret 2018.
- Tiemensma, L. 2009. “Visual Literacy to comic or not to comic”. world library and information congress 75th IFLA General Conference and Concil. Midrand Graduate Institute. Hal 1-10.
- Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena.
- Wahyuningsih, Nur. 2012. “Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R” Journal of Innovative Science Education. Hal 19-27.
- Winarni, Endang, Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Abidin, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi: Startegi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, media, dan startegi pembelajaran konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Bafadal, Ibrahim. 2005. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Bassano, Mary. dkk. 2015. Terapi Musik & Warna. Cara Dasyat Hidup Lebih Sehat dan Bahagia. Yogjakarta: Araska.
Buanata, Murti. 2004. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Pustaka Tangga.
Campbell, Linda. dkk. 2002. Multiple Intelligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. (Alih Bahasa: Tim Inisiasi). Depok: Inisiasi Pers.
Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. New Britain: CCSU New Release. (Web). https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data. Diakses tanggal 12 Februari 2018.
Danandjaja, James. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iain-lain. Jakarta: Grafiti.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Fajri, EM Zul. Senja, Aprilia Ratu. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Semarang: Difa Publishers.
Harijanto, M. 2007. “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar”. Jurnal Didaktika Vol. 2 No. 1 Maret 2007 Hal 216-226
Jalilehvand, M. 2012. “The Effects of Text Length and Picture on Reading Comprehension of Iranian EFL Student”. Canadian Center of Science and Education. Vol 8. No 3. Hal 329-337.
Karwono, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pres.
Lestari, Hera. dkk. 2009. Materi Pokok Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Merc, ali. 2013. The effect of comic strips on EFL reading comprehension. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Volume: 4 Issue: 1 Article: 05 ISSN 1309-6249.
Muktadir, Agustrianto. 2014. Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, No.3 Hal 318-331.
Olajide, Stephen Billy. 2010. Folklore and Culture as Literacy Resources for National Emancipation. English Education Unit, Department of Arts & Social Sciences Education. Vol. 3, No. 2; Pg. 200-205.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim,dkk. 2017. Dissemination of Values and Culture through the E-Folklore. The Turkish Online Journal of Educational Technology – January 2017, Volume 16 issue 1.
Rahmanto, B. 2008. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohani, Ahmad. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Santosa, Puji. 2010. Materi Pokok Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiawan, Denny. dkk. 2009. Materi Pokok Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti, 2007. Teori Apresiasi sastra. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroso, 2010. Smart Brain, Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori. Surabaya: SIC.
Programme for International Student Assessment (PISA). 2015. PISA 2015 Result in Focus. (pdf file). https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. Diakses pada 12 Februari 2018.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2014. Instrumen dan Rubrik B1 Penilaian Buku Pengayaan Pengetahuan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (pdf file). http://puskurbuk.net/web13/penilian-buku-nonteks-pelajaran. html. Diakses pada 2 Maret 2018.
Tiemensma, L. 2009. “Visual Literacy to comic or not to comic”. world library and information congress 75th IFLA General Conference and Concil. Midrand Graduate Institute. Hal 1-10.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena.
Wahyuningsih, Nur. 2012. “Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R” Journal of Innovative Science Education. Hal 19-27.
Winarni, Endang, Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.