Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bagaimana pengembangan instrumen penilaian berbasis HOT, serta untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis HOT pelajaran Matematika kelas IV sekolah dasar yang valid dan reliabel. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model Borg dan Gall. Prosedur penelitian mencakup: penelitian dan pengumpulan informasi; perencanaan; pengembangan produk awal; uji coba terbatas; revisi produk awal; dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOT yang dikembangkan berupa 15 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian pada aspek materi, konstruksi dan bahasa dinyatakan valid secara teoritis berdasarkan judgment ahli dan secara empiris instrumen valid dan reliabel berdasarkan hasil analisis ujicoba lapangan. Pada soal pilihan ganda rata-rata validitas butir soal 0,46 “cukup baik”, koefisien reliabilitas sebesar 0,73 “baik”, sedangkan soal uraian rata-rata validitas butir soal 0,76 “baik”, koefisien reliabilitas sebesar 0,81 “baik”. Secara umum instrumen penilaian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria tes yang baik, yaitu valid dan reliabel.

Keywords

instrumen penilaian HOT matematika

Article Details

How to Cite
Rusudianto, A. R., Susanta, A. S., & Muktadir, A. M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking (Hot) Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 1–19. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12110

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Brookhart, Susan, M. 2010. How to Assess Higher-Order Thingking Skills in Your Classroom. Virginia USA: ASCD Alexandria.
  4. Budiman, A dan Jaelani. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester I. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 2, November 2014. Hal: 139-151. Dunduh tanggal 29 Desember 2017.
  5. Johnson, Elaine, B. 2014. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan bagaimana pendidik dapat menulis soal yang berkriteria untuk berpikir tingkat tinggi. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Khan, W.B., dan Inamullah, H.M. 2011. A study of lower-order and higher-order questions at secondary level. Pakistan: Canadian Center of Science and Education. Asian Social Science Vol. 7, No. 9; September 2011
  8. http://dx.doi.org/10.5539/ass.v7n9p149. Diunduh tanggal 8 Maret2018.
  9. McHugh, Mary, L. 2012. Interrater Reliability: the Kappa Statistik. Biochemia Medica, Vol.22, No. 3. p: 276-282.
  10. McNeill, M., Gosper, M., dan Xu, J. 2012. Assessment Choices To Target Higher Order Learning Outcomes: The Power Of Academic Empowerment. Research in Learning Technology, Vol.20. Diunduh pada tanggal 27 Februari 2018.
  11. Partnership of 21st Century Skill. 2011. Designed in Cooperation with the Nation's Arts Educators. www.P21.org. diunduh pada tanggal 27 Februari 2018.
  12. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19. 2005. Standar Nasional Pendidikan. https: kemenag.go.id.
  13. Puspendik Kembdikbud. 2015. TIMMS Info Grafik. https://puspendik.kemdikbud.go.id diunduh tanggal 9 Maret 2018.
  14. Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., dan Villamor, B.B. 2013. Higher Order Thinking Skillss and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, Issue 4, p: 48-60. Diunduh pada tanggal 27 Februari 2018.
  15. Retnawati. H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karateristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
  16. Sofiah, S. Susanto, dan Setiawani, S. 2015. Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Vol. 1, No. 1, (2015), Halaman: 1-7.
  17. Dalam http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64108 diunduh tanggal 13 Mei 2017.
  18. Sugiono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  19. Winarni, Endang. W. 2018. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: FKIP UNIB