Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan penerapan model ARIAS, peningkatan kemampuan pemecahan masalah, peningkatan motivasi belajarpada pembelajaran tematik siswa.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Kelas IV SD Negeri 27 Bengkulu Tengah. Prosedur penelitian dengan metode siklus yakni siklus I sampai siklus III.Teknik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan  pembahasannya,disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan model ARIAS: (1) Dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa, (2) Meningkatkan motivasi belajar, dan (3) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Keywords

motivasi belajar pemecahan masalah model arias pembelajaran tematik

Article Details

How to Cite
Nurralita, I. N., Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Model Arias Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 27 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 31–42. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12300

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Dusek, Gülsüm&Ayhan, Aynur Bütün. 2014. A study on problem solving skills of the children from broken family and full parents family attending regional primary boarding school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 137 – 142.
  3. Kasbolah, Kasihani. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang
  4. Keller, J.M. 2010.Motivatonal Design for Learning and Performance, The ARCS’s Model Approach. New York: Springer.
  5. Rahman, Muhammad dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
  6. Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
  7. Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan (buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.
  8. Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
  9. Yamin, Martinis Dan Maisah.2009. Manajemen Pembelajaran Kelas. Strateg, Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press