Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan penerapan model ARIAS, peningkatan kemampuan pemecahan masalah, peningkatan motivasi belajarpada pembelajaran tematik siswa.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Kelas IV SD Negeri 27 Bengkulu Tengah. Prosedur penelitian dengan metode siklus yakni siklus I sampai siklus III.Teknik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya,disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan model ARIAS: (1) Dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa, (2) Meningkatkan motivasi belajar, dan (3) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Keywords
Article Details
References
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Dusek, Gülsüm&Ayhan, Aynur Bütün. 2014. A study on problem solving skills of the children from broken family and full parents family attending regional primary boarding school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 137 – 142.
- Kasbolah, Kasihani. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang
- Keller, J.M. 2010.Motivatonal Design for Learning and Performance, The ARCS’s Model Approach. New York: Springer.
- Rahman, Muhammad dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
- Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
- Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan (buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.
- Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
- Yamin, Martinis Dan Maisah.2009. Manajemen Pembelajaran Kelas. Strateg, Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dusek, Gülsüm&Ayhan, Aynur Bütün. 2014. A study on problem solving skills of the children from broken family and full parents family attending regional primary boarding school. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 137 – 142.
Kasbolah, Kasihani. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang
Keller, J.M. 2010.Motivatonal Design for Learning and Performance, The ARCS’s Model Approach. New York: Springer.
Rahman, Muhammad dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan (buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Yamin, Martinis Dan Maisah.2009. Manajemen Pembelajaran Kelas. Strateg, Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press