Main Article Content

Abstract

Pembelajaran tematik dengan menggunakan model kooperatif TPS bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek afektif/ sikap, kognitif/ pengetahuan, dan psikomotor/ keterampilan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahapan ditiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 12 Bengkulu Tengah data yang diperoleh melalui pengamatan pada guru dan siswa untuk mengetahuai aktivitas proses pembelajaran dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar, kemuian dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa pada LKPD siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 66,66, meningkat pada siklus 2 menjadi 72,5, dan meningkat kembali pada siklus 3 78,87, nilai evaluasi pada akhir pembelajaran pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 71,25, meningkat pada siklus 2 menjadi 75, dan meningkat kembali pada sisklus 3 menjadi 78,33, nilai afektif/ sikap pada sisklus 1 memperoleh persentase cukup dengan interval tiap aspek (1,7-2,30, meningkat pada siklus 2 dengan persentase baik dengan interval tiap aspek (2,4-3), menjadi lebih baik lagi pada siklus 3, nilai psikomotor/ keterampilan pada siklus 1 memperoleh persentase cukup dengan interval tiap aspek (1,7-2,3), meningkat pada siklus 2 dengan persentase menjadi baik dengan interval tiap aspek (2,4-3), dan pada siklus 3 menjadi lebih baik lagi. Hal ini menunjukakan bahwa dengan penerapan pembelajaran tematik melalui model kooperatif TPS pada kelas III SDN 12 Bengkulu tengah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

Pembelajaran Tematik Model Kooperatif TPS hasil belajar

Article Details

How to Cite
Rosalina, W. R., Hambali, D. H., & Muktadir, A. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 12 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 74–87. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12307

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Kadir, Hanun Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.
  3. Murfiah. 2017. Pembelajaran Terpadu Teori dan Praktik Terbaik Di Sekolah. Bandung. Refika Aditama.
  4. Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada