Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik kata kunci. Metode penelitian dilakukan adalah PTK yang berdaur silkus melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S-2 PGSD semester I. Data penelitian adalah tes, pengamatan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembaran observasi mahasiswa, lembar penilaian keterampilan. Data hasil observasi akan dianalisis secara deskriptif, data hasil tes dianalisis menggunakan rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan: 1)  Langkah-langkah penerapan teknik kata kunci dapat meningkatkan proses hasil pembelajaran menulis puisi mahasiswa, 2) Pemilihan tema   menulis puisi  berdasarkan lingkungan pembelajaran memudahkan mahasiswa dalam menuangkan idenya.

Keywords

Teknik Kata Kunci pembelajaran menulis puisi

Article Details

How to Cite
Muktadir, A. M., & Ariffiando, N. F. (2020). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 197–204. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14132

References

  1. Akhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Afrilian, Yuniar (2013) Penerapan Teknik Kata Kunci Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukajaya Kabupaten Bandung Barat. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksaara.
  4. Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
  5. Dewi, M. S., 2017, “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis puisi Siswa A”. Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 2 No. Nomor ISSN : 2528-2883.
  6. Djamarah, Syaiufudin Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.
  7. Helentari, K., Heryana, N., & Wartiningsih, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar dengan Teknik Kata Kunci Kelas VII I. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(11).
  8. Hodidjah, dkk. 2018, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pancingan Kata Kunci Di Kelas 5 SD”. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- vol. 5, No. 1 (2018) 43-5.
  9. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia, Jakarta: Nobel Edumedia.
  10. Mufhidah, U. (2009). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Penemuan Kata Kunci Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII C MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
  11. Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
  12. Nurgiyantoro, B., 2016, Penilaian Bahasa berbasis Kompetensi (Edisi ke-2), Jogjakarta : BPFE.
  13. Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT.
  14. Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
  15. Slamet St Y. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
  16. Siregar, A. D. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Pancingan Kata Kunci Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sigumpar Tahun Pembelajaran 2012/2013. Basastra, 1(2).
  17. Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  18. Suparno & Mohamad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT.
  19. Suroso. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research. Yogyakarta: Pararaton.
  20. Sutresna I. B., dkk. 2017. “Pemanfaatan Teknik kata Kunci untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MIPA 5 SMA N 1 Payangan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.7 No 2.
  21. Santosa, P., dkk. 2010. Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka : Jakarta
  22. Susanto, A., 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group : Jakarta.
  23. Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  24. Syarif, Erlina dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.
  25. Tarigan, Henry Guntur. 2005, Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Universitas Terbuka : Jakarta.
  26. Trianto, Agus. 2014. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
  27. Wardhani, Igak. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
  28. Wisang, O. I., (2014). Memahami Puisi dari Apresiasi menuju Kajian, Jogjakarta : Penerbit Ombak.