Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : hasil analisis berupa proporsi jenjang kognitif soal berkriteria LOTS, MOTS, dan HOTS, kualitas aspek materi, konstruksi, dan bahasa soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah dokumen soal ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VI SDN Kota Bengkulu tahun pelajaran 2019/2020. Obyek dalam penelitian ini adalah proporsi jenjang kognitif soal berkriteria LOTS, MOTS, dam HOTS, kualitas butir soal secara kualitatif ditinjau dari aspek materi, aspek konstruksi, dan aspek bahasa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan hasil analisis penilaian ahli atau rater. Analisis butir soal yang dilakukan melibatkan 5 orang ahli (rater) termasuk peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, yaitu: (1) proporsi jenjang kognitif soal berkriteria LOTS 34%, MOTS 46%, dan HOTS 20%, berdasarkan hasil analisis sebaran proporsi jenjang kognitif belum sesuai dengan standar BSNP; (2) hasil analisis kualitas aspek materi secara keseluruhan menunjukkan butir soal sangat baik, hal ini berdasarkan terpenuhnya tiga indikator aspek materi yang menunjukkan nilai kesepakatan rater pada masing-masing indikator di atas 0,90 dengan level kesepakatan “Sangat Kuat”; (3) hasil analisis kualitas aspek konstruksi secara keseluruhan menunjukkan butir soal sangat baik, hal ini berdasarkan terpenuhnya sembilan indikator aspek konstruksi dengan nilai kesepakatan rater pada masing-masing indikator di atas 0,90 dengan level kesepakatan “Sangat Kuat”; (4) hasil analisis kualitas aspek bahasa menunjukkan ada 23 butir soal yang masih belum memenuhi kriteria indikator aspek bahasa.

Keywords: Analisis Butir Soal, Jenjang Kognitif, Aspek Materi, Aspek Konstruksi, dan Aspek Bahasa.

Keywords

Analisis Butir Soal Jenjang Kognitif Aspek Materi Aspek Konstruksi dan Aspek Bahasa.

Article Details

How to Cite
Syahriani, S. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SDN Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1), 198–209. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i1.16221

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Kemdikbud.
  2. BSNP. (2018). Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Jakarta: BSNP.
  3. Depdiknas. (2008). Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  4. __________. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
  5. __________. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
  6. Erfan, Nurwahidah, Anar, & Maulyda. (2020). Identifikasi Level Kognitif Pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 8 (1), 19-26.
  7. Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Primary, 9 (1), 26-27.
  8. Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud.
  9. __________. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
  10. __________. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
  11. Kurniawan, T. (2015). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4 (1), 1-6.
  12. McHugh, M. (2012). Interrater Reliability: The Kappa Statistic. Biochemia Medica, 22 (3), 276-282.
  13. Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  14. Oktaviana, D. & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8 (2), 81–88.
  15. Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 8-10.
  16. Puspendik. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
  17. ________. (2017). Panduan Penulisan Soal. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  18. ________. (2015). Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 009/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/ULA Tahun Pelajaran 2014/2015.
  19. Setyaningsih, L., Setyati, E., Tjandra, S. (2020). Klasifikasi Soal Pilihan Ganda Berbahasa Indonesia Berdasarkan Level Kognitif Puspendik dengan Support Vector Machine. Jurnal Insand Comtech, 6 (2).
  20. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  21. ________. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
  22. Susetyo, A. M. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Semester Kelas VIII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 187–198.
  23. Suyanto, Edi. (2015). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  24. Syahriandi. (2017). Kualitas Butir Soal Ujian Ditinjau dari Segi Bahasa (Analisis Kualitatif Butir Soal). Journal of Chemical Information and Modeling, 8 (1), 174–183.
  25. Tim Pengembang Pedoman Bahasa Indonesia. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  26. Wahyono, H. (2017). Penilaian Kemampuan Berbicara Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-prinsip Penilaian. Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 1 (1), 19–34.
  27. Winarni, E. W. (2018a). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Reseach And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.
  28. _____________. (2018b). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Reseach And Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara.