Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu keterampilan guru untuk menumbuhkan sikap
disiplin yaitu, keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran di kelas IV SD Negeri 01 Kota
Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi
serta dilengkapi dengan catatan lapangan. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan,
peningkatan ketekunan, member check dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek
penelitian dalam mengelola kelas pada proses pembelajaran telah sesuai dengan komponennya (Preventif)
yaitu, 1) menunjukan sikap tanggap, 2) Memusatkan perhatian kelompok, dan 3) Memberi petunjuk yang
jelas, 4) Penguatan serta komponen (Represif) yaitu, 1) memodifikasi tingkah laku 2) pengelolaan kelompok
dan 3) menemukan dan mengatasi prilaku yang menimbulkan masalah. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa guru kelas IV SD Negeri 01 Kota Bengkulu dalam pembelajaran melakukan pengelolan
kelas sesuai dengan komponen Preventif dan Represif.

Keywords

Keterampilan Mengelola Kelas Sikap Disiplin siswa

Article Details

How to Cite
Putra, E. A., Djuwita, P., & Juarsa, O. (2019). Keterampilan Guru Mengelola Kelas pada Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Disiplin Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kelas IVB SD Negeri 01 Kota Bengkulu). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 35–46. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8678

References

  1. Anitah, Sri W, et al. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  2. Asril, Zainal. 2012. Micro Teaching Disertai Dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Asril Zainal. 2017. “Profesi dan microteaching berbasis nilai-nilai islami” jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php /F 139 , di unduh 18 Maret 2018
  4. Darmadi, Hamid. 2011. Metaode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  5. Djamrah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :PT Rineka Cipta.
  6. Hidayatulloh, Anisa Nurul. 2017 “Pengaruh minat belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran kearsipan siswa kelas x kompetensi keahlian administrasi perkantoran Smk negeri 1 bantul” Online:http://eprints.uny.ac.id/56185/ 1/80.%20SKRIPSI_ANNISA%20NU RUL%20H_13802241045.pdf.Diundu h Tanggal 18 Maret 2018
  7. Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
  8. Oktaviar, Rizka Winnda et al. 2015. “Peningkatan Sikap Disiplin Siswa Dengan Menerapkan Model Kontekstual (CTL)”. Online: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/p gsdsolo/article/viewFile/6423/5264. Diunduh tanggal 18 maret 2018.
  9. Rusman. 2014. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajo Grafindo Persada.
  10. Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  11. Satori dan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  12. Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  13. Umayasari, Siti. 2014 . “Penerapan Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Viii H Di Smp Negeri 4 Malang “ Online: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/p gsdkebumen/article/download/258/14 8. Diunduh pada Tanggal 18 Maret 2018.
  14. Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB