Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis
siswa masih rendah serta cara mengajar guru dengan metode ceramah dan jarang menggunakan
media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh penerapan model
discovery learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam
pembelajaran ipa siswa kelas iv sdn 45 kota bengkulu melalui media nyata. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, lembar validasi dan
instrumen soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Bengkulu yang berjumlah 30
siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa pada kelas kontrol. Intrumen soal divalidasi oleh 3 orang
ahli dan dianalisis menggunakan aiken,s V diperoleh 0,67 dengan kategori validitas tinggi. Hasil
analisis uji t pada pemahaman konsep diperoleh 1,90 sedangkan hasil analisis uji t pada kemampuan
berpikir kritis diperoleh 1,86. Ttabel dengan dk (N-2 = 56) dan ? = 5% adalah 1,607. Dengan
demikian thiutng>ttabel maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning melalui media
nyata terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu.

Keywords

DL Media Nyata Pemahaman Konsep berpikir kritis

Article Details

How to Cite
Susianita, D., & Koto, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning melalui Media Nyata Terhadap Kemampuan Konseptual dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8679

References

  1. Anggareni. 2013. Impementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP,Singaraja: Universitas Pendidikan
  2. Ganesha.
  3. Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Asrul. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam pembelajaran
  5. Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Sumedang: Kampus Sumedang.
  6. Firosalia. 2016. Pengaruh Penerapan Model; Pembelajaran Discovery Learnin Terhadap
  7. Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
  8. salatiga.
  9. Fisher Alec. 2009. Berpikir Kritis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  10. Hamzah. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo
  11. Persada.
  12. Karwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. www.lampost.co/hastag-Metro.
  13. Karwono. 2017. Pembelajaran sebagai perangkat kegiatan eksterna.
  14. https://karwono.wordpress.com/2011/02/22 /.
  15. Kilpatrick dan Findell.2002. Mengemukakan indikator pemahaman Konsep. e-journal.
  16. stkipsiliwangi.ac.id/index.php.
  17. Kurniasih. 2017 . Konsep dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  18. Lestari, K.E.& Yudhanegara,M.R.
  19. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  20. Nasir. 2011. Penelitian eksperimen. https://indrienola.wordpress.com/
  21. Ni Putu. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv
  22. Sd Di Gugus Ii Kecamatan Banjar. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
  23. Parmin. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Model Dan Gambar Terhadap Prestasi
  24. Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.Surakerta:
  25. Universitas Sebelas Maret.
  26. Purwanto. 2008. Pemahaman konsep. eprints.ums.ac.id/11594/13/.
  27. Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.
  28. Slavin. R.E. 2008. Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  29. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  30. Sugiyono. 2011. Alat Peraga dalam Pembelajarn Matematika (Makalah Disampaikan pada
  31. Pelatihan Materi Matematika KKG MI Kec.
  32. Trincing ,Secang, Jawa Te- ngah tanggal:20 Juli 2011).
  33. Suherman. 2001. Beberapa keunggulan metode penemuan juga Diungkapkan. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/.
  34. Suryabrata. 2010. Tujuan Penelitian Eksperimen. Repository.upi.edu/16166/5/S_JEP.
  35. Trianto. 2010. IPA. Rangkuman pustaka.blogspot.com.
  36. Widyadnyana. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman
  37. Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP.Tembuku: Universitas Pendidikan Ganesha.
  38. Winarni. 2012. Inovasi Dalam Pembelajaran IPA. Bengkulu: FKIP UNIB.