Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter dalam budaya sekolah berbasis budaya lokal di SDN mardiharjo Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data yaitu seluruh warga SDN Mardiharjo. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya lokal desa P1 Mardiharjo diadopsi menjadi budaya sekolah di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas. Nilai-nilai yang terkandung dalam budaya lokal tersebut seperti religious, gotongroyong, disiplin, tanggung jawab, peduli sesama dan peduli lingkungan dapat ditanamkan kepada siswa dengan strategi yaitu melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian dalam budaya sekolah.

Keywords

Penanaman Nilai Karakter Budaya Lokal Budaya Sekolah.

Article Details

How to Cite
Saputra, D. N., Djuwita, P., & Juarsa, O. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Budaya Sekolah Berbasis Budaya Lokal di SDN Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8690

References

  1. Andriani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya Vol. 9 No. 1. Hlm 121-136.
  2. Darmiatun, D. S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
  3. Effendi, T. N. 2013. Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2 No.1. Hlm 1-18.
  4. Efianingum, Ariefa. 2007. Kultur Sekolah yang Kondusif bagi Pengembangan Moral Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan. Hlm 1-14.
  5. Harsojo, Ali. 2013. Membangun Karakter Berkearifan Lokal Dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 19-28.
  6. Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.
  7. Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Samani, Muchlas, & Haryanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Shodiq, S. F. 2017. Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Penanaman Nilai dan Pendekatan Perkembangan Moral Kognitif. At-Tajdid Volume. 1 No. 1, hlm. 14-25.
  10. Wagiran. 2012. “Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana”. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 3, Oktober 2012.
  11. Wiyani, N. A. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogja.