DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v6i2

Published: 25 November 2023

Pengembangan Vidio Animasi Dengan Pendekatan Saintifik Berorientasi Pemecahan Masalah Model Search, Solve, Create, Share Untuk Siswa Kelas V

Pera Natasia (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
149-159
41

Pemanfaatan Media PowerPoint Interaktif dalam Pembelajaran IPAS Materi Perkembangbiakan Tumbuhan di Sekolah Dasar

Andri Setyawan (1), Isabella Khoirina Reinata (2), Dias Tiara Putri Utomo (3)
(1) Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia ,
(3) Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
160-166
50

Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem di Kelas V

Duwi Putri Zulyanti (1), Endang Widi Winarni (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
167-177
63

Analisis Instrumen Soal Tes Sumatif 1 Mata Pelajaran PKN Sekolah Dasar Negeri Se-Kabupaten Musi Rawas Utara

Masrohan (1), Puspa Djuwita (2), Osa Juarsa (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
178-183
37

Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Puzzle Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa

Rahayu Pratiwi (1), Dwi Anggraini (2)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
184-191
14

Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model PANTING pada Siswa Kelas V

Arif Rahman (1), Aslamiah (2)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
192-204
25

Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (TOD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Kakaskasen II

Fifiana Debora Pengambu (1), Tellma Monna Tiwa (2), Roos Marie Stella Tuerah (3)
(1) Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(2) Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Manado, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Manado, Indonesia
205-212
70

Analisis Literasi SAINS Buku Teks Tematik Kurikulum 2013 Kemendikbud Tahun 2018 Muatan Pelajaran IPA SD

Yunita Apriani (1), Endang Widi Winarni (2), Irwan Koto (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
213-219
55

Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Realia Terhadap Motivasi Belajar dan Penguasaan Pengetahuan Faktual dan Konseptual IPA Siswa Kelas IV

Fenny Aptensi (1), Irwan Koto (2)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
220-231
28

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Banyak Beraturan Menggunakan Metode Diskusi pada Siswa Kelas IV SDN 17 BPR Ranau Tengah

Seripaton Aini (1), Dita Mulyana Ramadhani (2), Irmawati M (3), Uhwah Hasanah (4), St Harpiani (5)
(1) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Terbuka, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia ,
(3) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia ,
(4) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia ,
(5) Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
232-240
50

Penyusunan Buku Pedoman Perkuliahan Konsentrasi Pendidikan Kewarganegaraan

Osa Juarsa (1), Puspa Djuwita (2), Abdul Muktadir (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
241-250
25

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar

Juwita Asmara (1), Irwan Koto (2)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
251-257
14

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV pada Materi Gaya dan Gerak

Sri Rahayu (1), Irwan Koto (2)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
258-267
68

Multimedia Interaktif Berbasis Strategi Edulocal Tourism untuk Siswa Sekolah Dasar

Andika Adinanda Siswoyo (1), Dicky Julian Pratama (2)
(1) Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia ,
(2) Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
268-275
19

Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV

Leni Hestina (1), Irwan Koto (2), Endang Widi Winarni (3)
(1) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(2) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia ,
(3) Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bengkulu, Indonesia
276-284
13